Edi Irawan : Saksi Peserta Pemilu Adalah Mitra Pengawas TPS

kasmirudin
Edi Irawan : Saksi Peserta Pemilu Adalah Mitra Pengawas TPS
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan pelatihan saksi peserta Pemilu calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dapil Bangka Belitung bertempat di Sun Hotel Pangkalpinang, Sabtu (6/4/2019). (Foto: Lala)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Menjelang H-10 Pemilihan Umum pada 17 April mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan pelatihan saksi peserta Pemilu calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dapil Bangka Belitung bertempat di Sun Hotel Pangkalpinang, Sabtu (6/4/2019).

Sebanyak 12 orang saksi dari perwakilan 15 calon anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung yang hadir mendapatkan buku saku dan pembekalan materi berupa pihak-pihak yang terlibat di TPS, tugas dan larangan saksi peserta Pemilu, tugas saksi dalam tahapan dan masalah yang mungkin terjadi beserta solusinya oleh Ketua Bawaslu Babel.

“Saksi peserta pemilu adalah mitra Pengawas TPS yang keberadaannya bertujuan untuk mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS,” kata Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan.

Saksi Peserta Pemilu hanya mengawasi jenis Pemilu sesuai dengan surat mandat yang diserahkan kepada KPPS. Sehingga ada 3 jenis saksi yang terlibat di TPS, yaitu saksi untuk Pemilu calon anggota DPRD kab/kota, DPRD provinsi, DPR RI, Pemilu calon anggota DPD RI, dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Sedangkan Pengawas TPS mengawasi proses pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara secara keseluruhan.

Sementara itu sedang berjalan pula pelatihan saksi untuk Pemilu calon anggota legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang diselenggarakan oleh Panwaslu Kecamatan dalam rentang waktu mulai tanggal 1-10 April 2019. (BBR)


Penulis : Lala  
Editor   : Kasmir
Sumber :  Babel Review