Ekonomi Digital Harus Menjadi Perhatian

kasmirudin
Ekonomi Digital Harus Menjadi Perhatian
Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung, Yan Megawandi saat membuka Seminar Babel Economic Forum( BEF) di lantai 4 Ruang Tanjung Kelayang Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (8/4/2019). (Foto: Pemprov Babel)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi, membuka secara resmi Seminar Babel Economic  Forum( BEF) di lantai 4 Ruang Tanjung Kelayang Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (8/4/2019).

Kegiatan bertemakan “Peran Ekonomi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Di Daerah” yang digagas oleh Bank BI Babel ini dihadiri sejumlah OPD Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pemerintah Kota Pangkalpinang, serta jajaran pimpinan perbankan dan pelaku UMKM di Babel.

Sekda Babel, Yan Megawandi dalam sambutannya menegaskan, ekonomi digital harus menjadi perhatian. Karena nantinya ekonomi digital bisa digunakan dalam mengambil kebijakan oleh semua pihak.

“Ekonomi digital harus mendapatkan perhatian serius, baik dari pelaku usaha UMKM dan jajaran privat sector. Yang terpenting itu kami di birokrasi mampu memahami dan pada akhirnya mengambil kebijakan berdasarkan basis data ekonomi digitai itu,” katanya.

Di lingkungan Pemerintah Provinsi Babel, lanjut Yan, melalui gubernur Babel sudah menyampaikan kepada para stakeholder untuk selalu mengikuti perubahan digital ekonomi.

Baca Juga: Wagub Akan Beri Sanksi Bagi ASN yang Belum Lapor Harta Kekayaan

“Minggu yang lalu Pak gubernur secara tegas menyampaikan kepada kami, kalau mau jadi pejabat, pahami data, fakta dan terutama ikutilah arus besar perubahan  yang di sebut digital ekonomi,” pungkasnya.

Tantan Heroika. S Kepala Perwakilan BI Provinsi Kepulauan Babel mengatakan, Bank Indonesia secara triwulan melakukan assesment pada perekonomian Babel. Hasil  assessment ekomomi, kemudian diseminasikan kepada stakeholder berupa cetakan. Sehingga bisa menjadi referensi dalam pengambil kebijakan  buat pemerintah daerah dan para pelaku usaha.

“Bagaimana UMKM di Babel dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dan memanfaatkan ini serta mengambil kebijakan dalam strategi bisnis kedepan,"  tuturnya.

"Tantan meminta para peserta untuk berpartisipasi aktif dalam forum Seminar Babel Economic, sehingga nantinya membawa kemajuan buat Provinsi Babel.

“Sesuai dengan tema pagi hari ini kita membahas “Peran Ekonomi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Daerah”. Pembahasan ini, tentunya akan dipaparkan ekonomi dunia, nasional, regional seperti apa dan output kedepan seperti apa, yang paling terpenting pertemuan ini partsipasi aktif kita,” tutupnya. (BBR)


Penulis : Mislam 
Editor   : Kasmir
Sumber : Pemprov Babel