Ekspor Timah Kembali Dibuka, Gubernur : Kita Akan Berdiskusi dengan DPRD dan DPD

kasmirudin
Ekspor Timah Kembali Dibuka, Gubernur : Kita Akan Berdiskusi dengan DPRD dan DPD
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman. (Foto: Diko Subadya)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Keran ekspor timah kembali dibuka. Tentunya ini memberi angin segar di tengah upaya perbaikan ekonomi di masa pandemi.

Bangka Belitung (Babel) sebagai salah satu provinsi penghasil timah, tentu berharap akan merasakan dampak positifnya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan, mulai menggeliatnya ekspor komoditi timah tak lepas dari dorongan berbagai pihak termasuk instruksi Presiden Joko Widodo.

"Instruksi Pak Presiden yang pertama, tingkatkan ekspor untuk recovery ekonomi kita dan permudahkan. Jangan banyak aturan-aturan yang menyulitkan para pelaku ekonomi. Nah, ini bagian daripada itu," kata Erzaldi kepada wartawan, Selasa (30/6/2020).

Namun kata Erzaldi, pihaknya akan berdiskusi dengan DPRD Babel sehubungan dengan Undang-Undang Minerba yang baru.

“Terkait ini kita akan berdiskusi lagi, jangan hanya pemerintah provinsi. Kita harus bersama DPRD dan DPD," ungkapnya.

Erzaldi menambahkan, sektor pertambangan hingga saat ini masih memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Babel. 

"Waktu hanya PT. Timah yang ekspor, pertumbuhan ekonomi kita dari 5,01 turun menjadi 4,1 persen. Kemudian turun terakhir sebelum wabah virus corona 3,6, setelah corona menjadi 2,4 atau 2,6 gitu," sebutnya.

Sementara Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya mendukung dengan dibukanya kembali ekspor timah, mengingat timah masih menjadi komoditi andalan di Bangka Belitung.

"Yang jelas DPRD sangat mendukung, karena saat ini kita belum bisa lepas dari sektor pertambangan. Jadi ekspor timah ini untuk meningkatkan daya beli masyarakat Babel. Jujur saja timah adalah komoditi yang dapat mendongkrak perekonomian Babel," tutupnya. (BBR)


Penulis : Diko Subadya

Editor   : Kasmir