Empat Danau Cantik Paling Instagramable di Pulau Bangka

Admin
Empat Danau Cantik Paling Instagramable di Pulau Bangka
Foto: Ichsan Husein

Siapa bilang Pulau Bangka cuma melulu soal pantai berpasir putih serta bebatuan besarnya? Jika Anda mengeksplore lebih jauh, maka Anda akan tahu betapa pulau ini tak habis-habisnya menawarkan keindahan. Bayangkan, lubang-lubang galian bekas pertambangan saja bisa ‘menjelma’ menjadi tempat wisata. Terlepas dari diskusi panjang tak berkesudahan tentang aktivitas penambangan yang tidak ramah lingkungan, yang kemudian meninggalkan lubang-lubang ini, tidak bisa dipungkiri bahwa danau-danau cantik yang tercipta pasca penambangan tersebut menjadi primadona baru destinasi wisata di Pulau Bangka.

Tentu saja media sosial punya andil paling besar dalam membuat danau-danau bekas penambangan ini cepat booming di kalangan warganet. Postingan-postingan yang instagramable (istilah bagi pengguna Instagram untuk menunjukkan tempat terbaik untuk berfoto) selalu berhasil memancing rasa penasaran para travellers untuk mengunjungi danau-danau yang sebetulnya dulu lebih popular dengan istilah aik camoi, yaitu air bekas penambangan.

Tak cukup satu, danau-danau cantik ini tersebar di beberapa tempat di Pulau Bangka. Berikut ini Babel Review merekomendasikan Anda empat danau cantik yang wajib dikunjungi para travellers saat nge-trip ke Pulau Bangka, tempat-tempat (bagi Anda pengguna media sosial Instagram) yang tentu saja instagramable!

 

  1. Danau Kaolin Merawang, Bangka

Foto: Ichsan Husein

Danau Kaolin Merawang ini bisa Anda akses dari jalan utama Pangkalpinang-Sungailiat tepatnya dari simpang Jurung atau Sunghin. Ikuti jalan menuju arah timur (jalur menuju jalan Lintas Timur) hingga bertemu dengan persimpangan tanah kuning. Kemudian ikuti jalan tanah kuning tersebut sekitar 1 KM dan Anda akan menemukan danau biru cantik yang satu ini. Tidak ada fasilitas umum yang tersedia karena di sekitar kawasan ini juga masih aktif dilakukan penambangan timah.

  1. Danau Kaolin Rambak, Bangka

Foto: Ichsan Husein

Paduan warna biru tosca dengan tebing tanah kecoklatan membuat tampilan danau ini sangat cantik. Di sisi yang lain, gundukan tanah gersang yang tinggi juga begitu instagramable! Lokasinya terletak di Desa Rambak, Sungailiat, tak jauh dari persimpangan Pantai Teluk Uber. Kami sarankan Anda datang ke sini saat hari libur mengingat area ini juga masih aktif digunakan sebagai lokasi penambangan.

  1. Danau Kaolin Air Bara, Bangka Selatan

 Foto: Ichsan Husein

Dengan jarak tempuh sekitar 90 menit dari Kota Pangkalpinang, Danau Kaolin yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bangka Selatan ini sudah sangat populer sejak beberapa tahun terakhir. Fasilitas parkir dan WC umum sudah tersedia. Warung tempat berteduh dan menjual panganan pun cukup membantu wisatawan yang ingin bersantai sejenak sambil menikmati birunya air Danau Kaolin. Kawasan Danau Kaolin Air Bara ini juga digunakan untuk arena sirkuit balap sepeda cross.

  1. Blue Water Aik Ketok, Bangka Barat

 Foto: Ichsan Husein

Letaknya di Kampung Menjelang, Mentok, Kabupaten Bangka Barat. Tempat ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat dengan menyusuri jalan berupa tanah merah. Sejak dikelola secara perseorangan, danau ini diberi nama Blue Water, ada tulisan besar (sign) bertuliskan Blue Water yang dipasang di area danau. Di salah satu sisi danau, juga dibangun tempat bersantai sekaligus spot foto permanen. Pengelola menetapkan tarif masuk sebesar Rp 10 ribu sudah termasuk air mineral atau minuman botol.

Tips:

  • Datanglah siang hari pada saat cuaca cerah, karena sinar matahari akan membuat efek warna air semakin biru sehingga makin cantik saat diabadikan kamera.
  • Jaga jarak saat berfoto karena tebing danau yang curam.
  • Jangan mandi di danau karena danau relatif dalam dan berbahaya.
  • Jangan buang sampah di danau (BBR)

Penulis :Ichsan Husein
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview