Era Baru Babel Menuju Transparansi

Admin
Era Baru Babel Menuju Transparansi
foto:DoK. Diskominfo

PANGKALPINANG, BABEL  REVIEW – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menegaskan secara pribadi maupun pemerintahan sangat mendukung terwujudnya pembangunan zona integritas di wilayah Bangka Belitung. Penegasan Gubernur Erzaldi ini disampaikan saat menghadiri penandatanganan Piagam Zona Integritas, Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di Lingkungan Pengadilan Tinggi (PT) Babel.

Piagam ini ditandatangani oleh Ketua PT Babel Kornel Sianturi, di Ruang Pertemuan PT Babel, Kamis (21/3/2019). Turut hadir menyaksikan penandatanganan ini antara lain pejabat dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Babel, Subuh Wibisono. “Ini suatu acara yang sangat menggugah, yaitu Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani oleh PT Babel.

Jika  Zona Integritas ini terjadi, kita tentu sangat bangga. Melalui system ini, maka semua bisa  transparan. Tentunya era baru menuju negara kita yang berazaskan keadilan, pasti akan lebih baik dalam penanganan hukum," ungkap Gu bernur.

Bahkan saking senangnya, Gubernur Erzaldi sempat menyatakan bahwa dirinya maupun segenap elemen masyarakat Bangka Belitung siap mendorong dan mendoakan agar cita-cita zona  integritas yang digulirkan oleh Pengadilan Tinggi Babel segera terwujud. "Kami sangat mendorong. Kalau bapak minta do’a, akan kami do’akan, dengan suatu harapan tentunya kita ingin negara kita terkagum dengan masyarakat sampai level bawah," kata Guberur.

Erzaldi mengaku bangga bahwa insan pengadilan terus mendorong dan membuat masyarakat betul - betul sama di mata hukum. “Ini suatu kemajuan yang sangat luar biasa, ketika sistem dilakukan oleh Mahkamah Agung, dan segera dilaksanakan di level paling bawah yaitu Pengadilan Negeri. Saya yakin dan percaya dengan adanya strategi dan kebijakan zona integritas ini, maka pelayanan hukum kita kepada  masyarakat akan lebih baik,” tegas Gubernur Erzaldi.

Pada kesempatan sama, Ketua PT Babel Kornel Sianturi menjelaskan, berdasarkan agenda laporan tahunan Mahkamah Agung (Laptah MA) tahun 2018, dengan mengangkat tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”, dalam rangka pembaharuan peradilan di Indonesia serta Asas Peradilan Murah dan Cepat, maka tugas pokok pengadilan sebenarnya adalah menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan setiap perkara yang diajukan kepadanya oleh para pencari keadilan.

Mahkamah Agung, Kata Kornel, telah menyediakan penerapan aplikasi sistem penelusuran perkara, serta pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu. Diharapkan dengan kondisi ini, maka peradilan di Indonesia, khusunya di Babel dapat berjalan lebih baik lagi. “Untuk itu, pada tahun ini juga, diharapkan terwujud sistem integral dengan Pengadilan Negeri Kota Pangkalpinang, Pengadilan Negeri Sungailiat dan Pengadilan Negeri Tanjungandan untuk mendapatkan sertiļ¬kasi,” ujar Kornel. (BBR)


Penulis : Kusuma
Editor   : Sanjay
Sumber :Babel Review