Erzaldi akan Jadikan Muntok Kebanggaan Indonesia

Admin
Erzaldi akan Jadikan Muntok Kebanggaan Indonesia
FOTO :( FERLY ADITYA )

BANGKA BARAT, BABEL REVIEW – Tagline “Dari  Muntok untuk   Indonesia” yang diangkat pada kegiatan Napak Tilas Sejarah beberapa waktu lalu mendapat apresiasi yang luar biasa dari Gubernur Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi.

Menurutnya ini  merupakan hal baru yang dapat diangkat selain Kota Muntok terkenal dengan lada putihnya.“Kita harus bangga dengan Kota Muntok, kita harus bangga atas kehadiran Muntok untuk Indonesia, maka kebanggaan ini harus kita mulai dari setiap warga di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dan agar pesan 'dari Muntok untuk Indonesia' semakin bergema, tidaklah salah kiranya nanti panitia menghadirkan tamu-tamu khusus dari luar Bangka Belitung seperti Jakarta dan Jogjakarta agar mereka hadir disini dan mereka dapat bersilaturahmi dengan peserta lainnya.

Kita akan buat Kota Muntok sebagai kebanggaan tersendiri bagi Indonesia,” kata Erzaldi. Dalam kegiatan tersebut Erzaldi menyampaikan bahwa  napak tilas dari Muntok untuk Indonesia ini adalah kegiatan yang dapat mengangkat nilai-nilai perjuangan dari para pemimpin terdahulu. “Karena ini adalah sejarah besar dari pemimpin kita dahulu ,Pak Soekarno. Beliau menyusun strategi dan berdiplomasi serta menjalankan roda pemerintahan saat itu dari Muntok,” kenang Erzaldi.

Gubernur juga sangat mengapresiasi seluruh rangkaian  acara Pelestarian Nilai Sejarah 2018 ini. Kedepannya diharapkan kegiatan ini akan lebih meriah dan mendapatkan respon langsung dari masyarakat luas, sehingga Pemerintah Provinsi pun dapat turut serta membantu untuk kegiatan seperti ini.

Peserta dari sekolah yang ada di Bangka Belitung maupun masyarakat Bangka Belitung ini dapat ikut serta hingga lebih meriah lagi dan akan meningkatkan rasa cinta tanah air. “Kalau ini tidak kita lestarikan, tidak kita ketahui atau tidak kita dorong masyarakat untuk mengetahui tentang sejarah ini, nanti lambat laun nantinya ini akan hilang. Jadi kegiatan ini adalah salah satu cara untuk memotivasi anak-anak bangsa mengenal para pemimpin bangsa ini,”ujar Erzaldi.

Sebagai bentuk penghargaan dan usaha dari pemerintah provinsi untuk menjaga nilai sejarah, gubernur akan memberikan himbauan kepada pelajar tingkat SMA atau SMK  untuk dapat mengirimkan perwakilannya ikut dalam acara serupa tahun depan.

Gubernur Erzaldi juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta napak tilas tahun ini. “Saya juga berjanji, insyaAllah akan memberikan kontribusi untuk kegiatan ini di tahun depan nanti,” tegasnya. Dalam kegiatan ini para peserta napak tilas yang sebelumnya start dari Pesanggrahan Muntok dan finish di Tanjung Kalian, peserta menggunakan pakaian tempo dulu, membawa panganan khas muntok yang terbuat dari umbi-umbian serta menyanyikan lagu-lagu nasional.

Napak tilas ini bertujuan untuk mengenang kembali aktifitas Presiden RI Soekarno dan beberapa pemimpin lainnya dengan masyarakat Muntok dari Pesanggrahan Muntok menyusuri pantai menuju Tanjung Kalian Muntok untuk berekreasi bersama pada tahun 1949. (BBR)


Penulis :Buditio
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview