Erzaldi : Literasi Digital Dorong Penguatan UMKM Babel

Kasmirudin
Erzaldi : Literasi Digital Dorong Penguatan UMKM Babel
Gubernur Erzaldi saat menjadi Keynote Speaker dalam Kegiatan Literasi Digital 2021 Sumatera II Kabupaten Belitung yang diselenggarakan secara virtual, Senin (21/6/2021). (ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Sebanyak 98,3 persen pengguna internet menggunakan smartphone dan 75 persen pembeli online di Indonesia menggunakan perangkat smartphone. Hal ini tentu saja mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Bagi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, kondisi ini tentunya menjadi peluang bagi Bangka Belitung untuk mengenalkan dan memasarkan produk lokal Bangka Belitung.

Dikatakannya, perkembangan teknologi digital saat ini harus diimbangi dengan kemampuan literasi digital. Terkhusus bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bangka Belitung, kemampuan literasi digital sangat bermanfaat dalam memasarkan produknya. Penggunaan metode digital marketing bagi pelaku UMKM merupakan salah satu upaya akselerasi bisnis yang lebih luas.

“Bangka Belitung memiliki sumber daya alam yang tersebar di seluruh daerah. Komoditi produk lokal dari Babel memang sudah dipasarkan melalui e-commerce, namun masih ada juga yang masih menggunakan pemasaran konvensional. Kita berharap nantinya pelaku usaha ini dapat bertransformasi ke digital untuk mendukung UMKM Go Digital," ujar orang nomor satu di Babel saat menjadi Keynote Speaker dalam Kegiatan Literasi Digital 2021 Sumatera II Kabupaten Belitung yang diselenggarakan secara virtual, Senin (21/6/2021).

Untuk mendukung kemampuan literasi digital bagi pelaku UMKM, Pemprov Babel berkolaborasi dengan komunitas dan relawan, yang salah satunya adalah relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kolaborasi ini bentuknya beragam, mulai dari pengenalan sampai dengan penggunaan aplikasi baik media sosial maupun platform e-commerce.

“Kolaborasi ini bertujuan agar pelaku usaha di Babel dapat memproduksi konten yang inspiratif, informatif dan menyenangkan. Sehingga dapat meningkatkan engagement, supaya pemasaran produk UMKM semakin luas,” kata Erzaldi. 

Tidak hanya itu, pembangunan infrastruktur internet juga tidak kalah penting, ia mengungkapkan bahwa Pemprov Babel saat ini melakukan pembangunan infrastruktur internet sampai ke desa-desa. 

  • Halaman
  • 1
  • 2