Fathin San Wisata Religi Bernuansa Tiongkok Van Bangka

Admin
Fathin San Wisata Religi Bernuansa Tiongkok Van Bangka
Foto: Irwan

SUNGAILIAT, BABELREVIEW – Selain memiliki pesona alam, Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka juga memiliki beberapa objek wisata religi khususnya yang bernuansa oriental, seperti Puri Tri Agung, Fathin San, Dewi Kwan In dan Pagoda Nusantara. Kali ini kita akan jalan-jalan ke Fathin San yang terletak di Kelurahan Bukit Betung.

Fathin San atau Bukit Fathin dapat ditempuh selama 45 menit dari Kota Pangkalpinang. Setiba di Sungailiat, tepatnya sebelum Gedung Juang kita temukan Jalan Bukit Betung di sebelah kiri. Setelah menyusuri tiga menit jalan tersebut, kita temukan gerbang klasik khas Tiongkok di sebelah kanan jalan bertuliskan Fathin San.

Menuju Fathin San tidak perlu mendaki, walaupun wilayah perbukitan jalan menuju komplek wisata religi sudah diaspal. Hanya dengan membayar Rp 5.000 per orang dewasa kita sudah bisa jalan-jalan menikmati udara segar dikelilingi bangunan khas oriental yang kental. Memasuki komplek Fathin San kita akan menemukan delapan relief pada dinding yang menggambarkan perjalanan Sang Budha.

Mulai dari lahir, semedi, sampai meninggal. Relief ini sengaja dipilih karena pengunjung lebih mudah memahami cerita Sang Budha dalam Bahasa Visual. Naik sedikit ke atas kita akan temukan kolam berisi ikan mas yang ditengahnya terdapat jembatan yang menghubungkan ke gazebo kecil untuk tempat pengunjung yang ingin melihat lebih dekat ikan.

Uniknya di kolam itu juga terdapat patung naga raksasa yang menghadap ke kolam, dari mulut naga tersebut keluar air yang jatuh ke kolam. Naga raksasa ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk berfoto dan berlama-lama menikmati area kolam. Tidak jauh dari kolam ada sebuah bangunan cukup besar lantai dua bergaya arsitek klasik Tiongkok, atau identik dengan bangunan pada zaman dinasti. Bangunan tersebut adalah aula yang biasa digunakan untuk melakukan acara keagamaan atau acara lainnya.

Di depan bangunan aula juga terdapat kios untuk menjual souvenir dan kantin. Di antara kolam dan bangunan terdapat sebanyak 365 anak tangga yang dibangun seperti arsitektur Tembok China. Anak tangga tersebut membawa pengunjung ke puncak bukit.

Sebelum sampai ke puncak kita menemukan gua batu yang di dalamnya terdapat naga berwarna emas yang di bawahnya terdapat kolam kecil. Dari gua tersebut naik ke atas lagi terdapat patung Dewi Kwan Im yang seolah berada di dalam batu. Di puncak bukit terdapat patung Budha yang menghadap ke Kota Sungailiat.


Penulis :Irwan
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview