FKPT Babel Minta Masyarakat Waspada Ancaman Paham Radikalisme

kasmirudin
FKPT Babel Minta Masyarakat Waspada Ancaman Paham Radikalisme
FKPT Provinsi Babel menggelar dialog dengan tema

PANGKALPINANG,BABELREVIEW -- Guna menangkal paham terorisme dan radikalisme menyebar ke wilayah Provinsi Bangka Belitung, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Babel menggelar dialog dengan tema "Literasi Digital Sebagai Upaya pencegahan Radikalisme dan Terorime di Masyarakat" yang digelar di Hotel Puncak, Kamis (17/5/2018).

"Saring sebelum Sharing" jadi pesan tersirat yang ingin disampaikan pada acara tersebut, bahwa masyarakat perlu menyaring kembali pemahaman dari orang lain, sebelum kembali dibagikan kepada orang lain.

Ketua FKPT, Riswardi pada kegiatan dialog tersebut menyampaikan saat ini Kepercayaan masyarakat Bangka Belitung masih cukup kuat untuk menangkal paham terorisme dan radikalisme.

Kendati demikian tetap perlu waspada. Riswardi memaparkan keyakinan yang muncul di tengah-tengah masyarakat ditopang oleh dua hal yakni, kearifan lokal dan pertahanan wilayah oleh para aparat.

"Posisinya sedang menuju kuat, Karena masih ditopang oleh dua hal yaitu yang pertama dari kearifan lokal dan kepercayaan yang kuat dari masyarakat Babel terhadap kemampuan aparat kita yang menjaga pertahanan wilayah," ujarnya.

Ditambahkan Riswardi, masyarakat Babel percaya terhadap aparatur TNI, POLRI dan instansi terkait masih menjaga kondusifitas yang ada di Babel.

"Yang menjadi positif kita adalah kearifan lokal dari budaya nganggung, pesta adat dan lain-lain yang sudah menjadi budaya kita.  Itu yang sebenarnya jauh lebih kuat,  mampu membendung masuknya paham lain yang ingin mengubah cara pandang masyarakat kita yang sudah baik," sebutnya.

Riswardi mengajak masyarakat Babel untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saat ini yang perlu kita tingkatkan rasa kepedulian terutama kepada masyarakat yang dibawa. Mungkin dulu wajib lapor bagi pendatang 2x24 jam, kalau sekarang bisa 1x24 jam," tandasnya.(BBR)


 

Penulis :Diko
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview