Forum BUMN Peduli Kembali Serahkan Bantuan ke Pemprov Babel

kasmirudin
Forum BUMN Peduli Kembali Serahkan Bantuan ke Pemprov Babel
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat menerima bantuan dari Sembilan BUMN dalam upaya melawan pandemic Covid-9 di kantor gubernur, Jumat (15/5/2020). (Foto: Babelreview/Fierly)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) kembali menerima bantuan dari Forum BUMN Peduli, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Bangka Belitung.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh masing-masing perwakilan dari 9 BUMN kepada Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Jum'at (15/5/2020).

Pada kesempatan tersebut, Erzaldi mengucapkan terima kasih dan apresiasinya terhadap kontribusi BUMN selama ini dalam membantu Pemprov Babel melawan pandemi Covid-19.

"Alhamdulilah, terima kasih hampir semua BUMN telah memberikan bantuannya melalui BUMN Peduli. Selanjutnya bantuan yang kami terima ini akan segara disampaikan ke satuan Gugus Tugas Covid-19, baik itu tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga kecamatan," katanya kepada awak media.

Pada kesempatan itu, Erzaldi menegaskan keseriusan Pemprov Babel dalam menangani Covid-19 ini, salah satu caranya dengan konsisten melaksanakan 3 T (Tracking, Test, Treatment).

Dalam penerapannya, saat ini Pemprov Babel tengah gencar-gencarnya melakukan rapid test massal. Karena itu Ia meminta maaf jika nanti dalam pelaksanaan tracking dan test yang dilakukan ini juga mungkin akan dilakukan juga di kantor BUMN.

"Saya mohon maaf, jika nanti tiba-tiba kita melakukan tracking dan test di lokasi tempat  bapak-bapak berada. Ini kita lakukan untuk mempersempit penyebaran Covid-19, karena semakin cepat kita mentracking semakin cepat kita menemukan Orang Tanpa gejala (OTG). Karena mereka ini cukup berbahaya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Erzaldi menuturkan hal ini sudah dilakukan selama dua hari dan rencananya akan terus dilakukan hingga 5 hari ke depan.

Tanpa lelah, Ia juga berpesan, kepada masyarakat untuk menerapkan protokol Covid-19 seperti menggunakan masker, rutin mnecuci tangan, dan menjaga jarak.

"Untuk BUMN juga, kita harus terus berikan pemahaman kepada masyarakat untuk disiplin melakukan protokol Covid-19. Karena ini butuh dukungan semua pihak terutama masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan dari Forum BUMN, Rendi mengatakan, untuk hari ini ada 9 BUMN melalui Forum BUMN Babel Peduli yang menyerahkan bantuan sebagai upaya mendukung Babel dalam melawan Covid-19.

"Sebelumnya, kita dari BUMN juga sudah menyerahkan bantuan kepada Pemprov Babel dan hari ini kita kembali lagi menyalurkan bantuan. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan mendapat ridho dari Allah SWT," katanya.

Tak sampai di sini saja, Rendi mengungkapkan untuk selanjutnya Forum BUMN akan berkoordinasi dengan tim gugus tugas juga terkait apa saja yang menjadi kebutuhan.

"Sesuai arahan gubernur tadi, nanti kita akan berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Babel, terkait bantuan yang perlu diberikan agar dapat bermanfaat," pungkasnya.

Adapun bantuan yang diberikan 9 BUMN kepada Pemprov Babel yakni:

  1. PT. Jasa Raharja : APD medis, multivitamin dan obat, serta masker 3 ply.
  2. Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia : APD medis, sembako, sarana cuci tangan, masker kain dan cairan disinfektan.
  3. PT. Angkasa Pura II : APD reusable.
  4. PT. Permodalan Nasional Madeni : multivitamin dan obat.
  5. PT. Bank Tabungan Negara : APD medis, multivitamin dan obat, masker N95, hand sanitizer dan face shield.
  6. PT. Kimia Farma : multivitamin dan obat, masker kain dan hand sanitizer.
  7. PT. Telekomunikasi Indonesia : APD medis, masker kain dan APD set.
  8. PT. Bank Mandiri : APD medis, sarana cuci tangan di tempat umum dan sembako bulan Ramadhan.
  9. PT. Pertamina : APD set, masker medis dan disinfektan. (BBR)

Penulis : Diko Subadya

Editor   : Kasmir