Fraksi KSKB DPRD Basel Ingatkan Pemkab Tentang Laporan Semester 1 dan Prognosis

kasmirudin
Fraksi KSKB DPRD Basel Ingatkan Pemkab Tentang Laporan Semester 1 dan Prognosis

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Fraksi Keadilan Sejahtera Kebangkitan Bangsa (F- KSKB) DPRD Bangka Selatan (Basel) mengingatkan amanat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 mengenai perubahan APBD tahun berjalan sebelumnya, harus memberikan laporan semester pertama dan Prognosis APBD tahun 2019.

“Berdasarkan hal tersebut apabila terjadi, perkembangan yang tidak sesuai asumsi kebijakan umum anggaran, keadaan yang menyebabkan harus dilakukannya pergeseran organisasi, antar kegiatan,dan antar unit belanja, keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih dari tahun sebelumnya harus digunakan untuk tahun berjalan serta keadaan darurat dan Keadaan luar biasa," kata anggota DPRD Basel, Samsir ST, MM, Jumat (19/6/2022).

Menurutnya, Bangka Selatan pada tahun anggaran 2020 mengalami keadaan daurat dan keadaan luar biasa dengan adanya pandemi Covid-19 yang memaksa pemerintah untuk melakukan perubahan melalui pendahuluan yang dilakukan dengan refocusing untuk penangan wabah Covid-19.

"Laporan semester dan prognosis APBD sangat dibutuhkan untuk penentuan kegiatan 6 bulan ke depan dengan kemampuan fiskal yang serta prognosis pendapatan daerah 6 bulan ke depan, " bebernya.

Lebih lanjut ia mengatakan, prognosis ini dilakukan paling lambat akhir bulan Juli sebelum penetapan APBD Perubahan Tahun 2020.

"Kami mengingatkan agar segera di persiapan jangan sampai terlambat. Di samping itulah proses penyampaian KUA PPAS tahun 2021, KUA PPAS perubahan tahun anggaran 2020 sampai terlambat," katanya. (BBR)


Penulis : Andre

Editor   : Kasmir