Fraksi PKS Bertemu Diknas Kota Bahas Server Down, Solusinya Berbagi Waktu Pendaftaran

Ahada
Fraksi PKS Bertemu Diknas Kota Bahas Server Down, Solusinya Berbagi Waktu Pendaftaran
Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Pangkalpinang Arnadi. (Gusti/babelreview.co.id)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --- Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Pangkalpinang Arnadi mengharapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, segera memperbaiki sistem layanan Penerimaan Peserta Didik (PPDB) secara daring atau online tahun 2020, untuk jenjang SD dan SMP di Kota Pangkalpinang.

Arnadi menyebutkan, Pihaknya banyak mendapatkan informasi dari para orang tua siswa, yang terkendala melakukan PPDB secara daring karena sistem yang tidak stabil.

"Kami sudah bertemu langsung dengan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang untuk koordinasi dan berdiskusi mencari solusi persoalan tersebut. Sistem yang down ternyata disebabkan jumlah kunjungan yg membludak, sampai 40 ribu dan yang mendaftar sampai 4.000 sampai pukul 07.00 tadi pagi, di tengah keterbatasan karena ini baru pertama kali dilakukan," ucapnya, Selasa (23/6/2020).

Menurut Arnadi, ada beberapa hal yang menjadi pokok pembicaraan, mengenai keterbatasan tersebut, maka solusinya dengan membagi waktu pelayanan pendaftaran.

"Untuk SMP waktu pelayanan PPDB online pada tanggal 23 - 24 Juni 2020 dan untuk SD tanggal 25 - 26 Juni 2020. Sedangkan untuk offline atau manual orang tua dapat melakukan pendaftaran di sekolah sampai tanggal 26 Juni 2020," katanya.

Lanjut Arnadi, dalam hal ini, Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang tidak harus terpaku dengan jadwal.

Hal ini harus segera diantisipasi, jika masih ada masyarakat yang belum terlayani di luar waktu tersebut.

"Karena kita harus menjamin masyarakat untuk mendapatkan haknya mendapatkan pendidikan, sebagaimana amanat konstitusi. Alhamdulillah hal tersebut di sanggupi, tentunya tetap dengan syarat-syarat tertentu," ujarnya. (BBR)
Laporan: gusti randa