Gali Kreativitas Tarik Suara, Art Zone ke 4 Gelar UBB Idol

kasmirudin
Gali Kreativitas Tarik Suara, Art Zone ke 4 Gelar UBB Idol
VOKALIS UBB -- Rafli, mahasiswa Jurusan Agribisnis UBB, in action ketika menaklukkan nada-nada tinggi lagu genre ‘cadas’ (rock) pada pembukaan Art Zone ke 4 di Kampus Terpadu UBB, Senin (23/09/2019) pagi. (*)

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Ajang kreativitas mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB), dengan lebel Art Zone ke 4 kembali membuat gebrakan.  Setelah sukses menggelar festival band indie se Bangka Belitung pada tahun lalu, kini Art Zone  menggelar UBB Idol 1.  

“UBB Idol akan gerlangsung dari 25 hingga 26 September di Kampus UBB.  Sejauh ini minat mahasiswa dan warga cukup tinggi. Hingga Senin, 23 September, sudah  terdaftar 24 peserta,” ujar Fiji Pratama, Ketua Pelaksana Art Zone ke 4, Senin (23/9/2019) pagi.

Art Zone ke 4 dibuka resmi Rektor UBB yang diwakili Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) UBB Hesti.  Pembukaan ajang kreativitas bidang seni ini ditandai dengan membuka banner Art Zone secara bersama-sama oleh Hesti,  Pembina UKM Gemma Harmoni Eddy Jajang J Atmaja dan Pembina UKM Koper Iksander.

Art Zone ke 4 yang  digelar bersama antara Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gemma Harmoni (musik) dengan  UKM Koper  (fotograpi) itu  berlangsung  selama tiga hari.  Selain menggelar UBB Idol, juga ada pelatihan beauty class (mem make-up model foto) dan workshop fotography.

Dalam penjelasannya,  Fiji yang didampingi Ketua UKM Gemma Harmoni Ahmad Kurniandar mengemukakan,  semua acara yang dikemas dalam Art Zone ke 4 merupakan wadah bagi mahasiswa UBB,  dan pelaku seni di daerah ini untuk berkreativitas.

“Salah satu contoh pada  acara UBB Idol itu,  sebagian besar pesertanya kalangan  pecinta seni suara di Bangka Belitung,” tukas Fiji,  seraya  menambahkan rentang usia UBB Idol mulai 15 hingga 25 tahun.

“Untuk menuju ke acara final, kita menerapkan sistem gugur,” ujar Fiji, di samping panggung UBB Idol dan Studio Mini Fotografi  Art Zone ke 4 di Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Merawang, Kabupaten Bangka.

 UBB Idol ke 4 yang diikuti peserta pria dan wanita,  diwajibkan menyanyikan satu lagu dari lima lagu  yang telah disediakan panitia.

Lima lagu untuk peserta  wanita adalah  Never Enough, Chandener, Cinta Sejati, Karena Kusanggup dan When We were Young.  Sementara lagu pilihan  bagi peserta pria adalah Home, Cinta karena Cinta, My Everthing, Tak Pernah Padam dan Kau Seputih Melati.

Art Zone ke 4  mengambil tema ‘Potret Euphoria dalam Merajut Kreativitas’, menurut Fiji, panitia  telah  menyediakan hadiah menarik.  Bagi  peserta  yang meraih  juara UBB Idol, selain mendapatkan uang pembinaan dan tropi, serta sertifikat.

“ Juara satu hingga tiga, dan juara favorit pun kita berikan hadiah menarik,” tutur Fiji.

Sementara itu Hesti (Kepala BAAK UBB) ketika membuka Art Zone ke 4 mengemukakan pentingnya kreativitas di era milenial ini. Katanya, kreativitas tidak  hanya  penting pada bidang akademik saja, melainkan kreativitas itu harus ada di seluruh aspek kehidupan.

“Bahkan, menurut para ahli, salah satu kunci meraih  kesuksesan, baik bagi seseorang maupun korporasi, itu  terlihat  dari  sejauhmana adanya kreativitas,” ujar Hesti.

Mengenai Art Zone ke 4 dengan jargon ‘Kreativitas Tanpa Batas’, Hesti menilai hendaknya tahun depan dapat digelar bersama antara seluruh unit kegiatan mahasiswa (UKM)  yang ada di UBB.

“Di UBB kan ada UKM Marching Band, Seni dan sebagainya.  Kalau Art Zone ini  digelar bersama semua UKM  tersebut tentu  akan  jauh lebih meriah,” ulas Hesti.

Khusus karya seni dan bentuk kreativitas lainnya  yang sudah tergali, Hesti minta  segera didata.  Kemudian dilaporkan kepada  pihak rektorat UBB.

“Kita  selanjutnya bisa mengangkat karya kreativitas itu ke tingkat nasional,” tukasnya.

Sementara itu  Pembina  UKM Gemma Harmoni UBB Eddy Jajang J Atmaja dan Pembina UKM Forografi Iksander,  dalam sambutannya mengemukakan  Art Zone ke 4 merupakan salah satu media bagi pecinta seni dan kreativitas  di lingkungan UBB untuk berinteraksi dengan pecinta seni di Bangka Belitung.

“Gali terus kreativitas itu,   di samping untuk kepentingan seni, juga tak kalah pentingnya  kreativitas  itu akan menjadikan diri  kita lebih  produktif,” ujar Eddy Jajang dna Iksander.

Pembukaan Art Zone ke 4  yang dihadiri puluhan mahasiswa UBB berlangsung meriah dan penuh keakraban.  Selain terdapat studio mini di mana hadirin bisa  berfoto di studio  itu, juga terpajang puluhan foto unik dan menarik hasil jepretan  anggota UKM Koper. (BBR)


Penulis  : Ahada
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review