Gandeng BKPRMI, KPD Bangka Peringati HTI dengan Bagikan Ratusan Paket Makanan dan Takjil

Ibnuwasisto
Gandeng BKPRMI, KPD Bangka Peringati HTI dengan Bagikan Ratusan Paket Makanan dan Takjil
Pengurus Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka bersama dengan pengurus BKPRMI Bangka saat menyerahkan bantuan kepada penderita Thalasemia, Minggu (10/5/2020). (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Mengusung tema "Ramadhan Berkah, Peduli dan Berbagi..", Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka bersama Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Bangka mengadakan serangkaian kegiatan dalam bulan suci Ramadhan 1441 H serta peringatan Hari Thalasemia Internasional (HTI).

Kegiatan tersebut berupa kunjungan dan penyerahan paket bahan makanan untuk penyandang Thalasemia serta pembagian takjil bagi petugas medis dan keluarga pasien yang ada di rumah sakit.

Elwin Wijaya, Koordinator Ramadhan Berkah, Peduli dan Berbagi menuturkan bahwa kegiatan kunjungan dan penyerahan paket kepada Penyandang Thalasemia dilaksanakan selama 3 hari dan pembagian takjil di lakukan di tiga lokasi.

"Kegiatan kunjungan kepada keluarga Penyandang Thalasemia dilakukan mulai hari Jum'at- Minggu (8-10 Mei 2020) dengan mendatangi rumah mereka masing-masing. Selain silaturahmi, diserahkan juga 20 paket bahan makanan serta biskuit untuk adek-adek tersebut, sekaligus memberikan semangat kepada mereka," tuturnya.

Hari Thalasemia Internasional jatuh setiap tanggal 8 Mei. Sedangkan kegiatan pembagian takjil dilakukan di 3 tempat pada hari Sabtu (9/5/2020) yakni PSC 119, RS Medika Stannia dan PMI Sungailiat.

"Sebanyak 250 paket takjil kami bagikan kepada petugas medis yang sedang bertugas serta keluarga yang sedang mendampingi pasien di rumah sakit. Kami juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang membantu kegiatan sosial ini, terutama kepada para donatur " ujar Elwin saat ditemui pada minggu (10/5/2020).

Sementara itu, A. Aryanto, Koordinator KPD Bangka menyampaikan bahwa KPD ikut peduli terhadap Penyandang Thalasemia dengan membantu ketersediaan pendonor.

"Sampai saat ini, ada sekitar 22 keluarga Penyandang Thalasemia telah menghubungi kami untuk dibantu dicarikan pendonor darahnya. Penyandang Thalasemia ini membutuhkan transfusi darah setiap bulan jadi membutuhkan banyak pendonor. Komunitas kami saat ini beranggotakan lebih dari 250 pendonor aktif yang sukarela tanpa imbalan untuk mendonorkan darahnya kepada yang membutuhkan," terangnya.

Menurutnya, jumlah anggota tersebut masih belum mencukupi kebutuhan darah pasien di beberapa rumah sakit yang ada di Sungailiat.

"Makanya kami terus mensosialisasikan Berani Donor Hebat kepada masyarakat agar menambah jumlah pendonor aktif." ujar pria yang biasa disapa Bang Chinoi ini.

Sementara itu, Hari Subari, Ketum BKPRMI Bangka mengapresiasi kegiatan ini. Pihaknya siap bersinergi dengan komunitas sosial yang peduli terhadap sesama.

Ia menyebutkan BKPRMI telah mengadakan beberapa kegiatan kemanusiaan. Seperti di beberapa hari ini mereka berkunjung dan menyerahkan secara langsung bingkisan kerumah anak-anak Penyandang Thalasemia seraya memberikan semangat kepada mereka. Selain itu juga memberikan dukungan kepada kawan-kawan medis yang sedang berjuang.

"Rangkaian kegiatan ini meneruskan beberapa kegiatan BKPRMI Bangka sebelumnya, yakni penyaluran 300 paket bahan makanan kepada Ustadz/ah dan masyarakat yang terkena dampak ekonomi Pandemi Copid-19 serta menyerahkan 50 lusin masker kain bantuan dari DPW BKPRMI Bangka Belitung" pungkas Hari.