Gandeng BPP Lampung, Pemkab Bateng Beri Pelatihan Teknis Tematik Cabai Kepada 30 Kelompok Tani

kasmirudin
Gandeng BPP Lampung, Pemkab Bateng Beri Pelatihan Teknis Tematik Cabai Kepada 30 Kelompok Tani
Bupati Bangka Tengah, H. Ibnu Saleh saat membuka Pelatihan Teknis Tematik Cabai bagi Non Aparatur Angkatan II selama tiga hari di Balai Penyuluhan Pertanian Namang yang digelar Dinas Pertanian bekerja sama dengan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung, Selasa (18/6/2019). (ist)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian bekerja sama dengan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung, menggelar Pelatihan Teknis Tematik Cabai bagi Non Aparatur Angkatan II selama tiga hari di Balai Penyuluhan Pertanian Namang.

Dalam pelatihan nanti tepatnya dihari ketiga, akan dilaksanakan praktek aplikasi MA 11 (microbacter alfaafa 11) di Desa Trubus, yaitu praktek aplikasi ke tanaman cabe menggunakan pupuk cair yang disemprot ketanaman cabai.

"Kegiatan ini akan diawali dengan pengawalan dan pendampingan bagi kelompok tani se-Bangka Tengah, kemudian dilanjutkan Pelatihan Teknis Tematik Cabai bagi non aparatur anggkatan II oleh Balai Pelatihan Pertanian Lampung yang akan di gelar di Balai Penyuluhan Pertanian Desa Belilik Kecamatan Namang,"ujar Bupati Bangka Tengah, H. Ibnu Saleh saat peresmian, Selasa (18/6/2019).

Ia menekankan akan pentingnya kegiatan pelatihan teknis tematik cabai ini. Oleh karenanya para peserta diharapkan benar-benar memanfaatkan kesempatan tersebut, agar setelah selesai mengikuti kegiatan ini dapat menerapkan budidaya tanaman cabai sesuai yang diajarkan oleh fasilitator.

Sementara itu Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung, Dadan Sunarsyah mengatakan, kegiatan dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi pengurus kelompok tani Bangka Tengah dalam melakukan pengelolaan bantuan benih/bibit komoditas tanaman cabai sehingga dapat dibudidayakan.

"Sasaran pelatihan ini adalah tercapainya peningkatan kompetensi pengurus kelompok tani sebagai peserta pelatihan sebanyak 30 kelompok yang terdiri dari 30 orang dari kabupaten Bangka Tengah," tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut, materi diberikan berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan latihan (IKL) yaitu Persiapan benih, Pemupukan tanaman, pengendalian OPT serta panen dan pasca panen cabai. Fasilitator sendiri diisi oleh Widyaiswara, BPP Lampung yang telah mengikuti Diklat Training Of Trainer (TOT) dan praktisi yang kompeten di bidangnya. (BBR)


 

Penulis  : Faisal 
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review