Garuda Indonesia Bawa Terbang Pariwisata Babel

PANGKALPINANG, BABEL REVIEW – Setelah membuka rute penerbangan internasional Tanjung Pandan – Singapura pada akhir tahun lalu, maskapai Garuda Indonesia kembali hadir untuk pengembangan pariwisata Bangka Belitung, terutama pada aspek pemasaran atau promosi pariwisata. Branch Manager Garuda Indonesia Solpa Puji Harsagi mengungkapkan, pihaknya sudah berkunjung ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangka Belitung untuk bersilaturahmi dan membahas calendar of event.
Menurutnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Bangka Belitung termasuk melalui pemasaran dan promosi. “Pembahasan lebih banyak dibeberapa calendar of event. Jadi kami dari Garuda Indonesia banyak menanyakan kepada pihak Disbudpar, calendar of event yang sudah pasti apakah sudah ada.
Semua sudah dirancang oleh Disbudpar walaupun jadwalnya masih tentative tapi sudah ada, nah ini yang kita butuhkan karena ini bisa menjadi materi promosi daerah, misalkan Sungailiat Triathlon itu bisa kami bantu promosikan sehingga eksposurenya lebih luas di domestik,” ujar Puji.
Tawaran promosi dari Garuda Indonesia ini dikatakan Puji sebagai tindak lanjut MoU yang ditandatangani oleh Gubernur Bangka Belitung dengan Dirut Garuda Indonesia. Salah satu aspek dalam MoU tersebut adalah pengembangan pariwisata di Babel dan akan segera menyusul perjanjian kerjasama yang kini sedang dalam pembahasan.
Selain itu, Garuda Indonesia membantu Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan 10 Bali baru di inflight magazine. “Kita ada archipelago, nah disitu highlight Bali baru kita punya Tanjung Kelayang yang sering direview masuk dalam majalah. Secara general seperti itu tapi saya yakin dari pemerintah dan Garuda Indonesia selaku BUMN itu juga sudah melakukan komunikasi yang intens kepada masing-masing pemprov dan kabupoaten kota untuk bisa meningkatkan promosi daerah tersebut,” jelasnya.
Dikatakan Puji, event-event di Bangka Belitung memiliki potensi besar untuk menarik minat wisatawan dari luar daerah. Apalagi dibantu promosikan oleh Garuda Indonesia yang memiliki puluhan kantor cabang dari Aceh hingga Papua dan berbagai platform yang menjadi media promosi.
Pihak Disbudpar juga sudah bertemu dengan panitia Sungailiat Triathlon untuk membahas promosi kegiatan, sekaligus desain visual dan deskripsi kegiatan yang akan menjadi bahan promosi. Selanjutnya nanti desain visual dan deskripsi kegiatan akan disebar ke komunitas Garuda Indonesia yang ada di Jakarta dan sekitarnya.
“Itu baru Jakarta saja, belum lagi kalau kami minta bantu kepada seluruh cabang Garuda yang ada di Indonesia, itukan pasti eksposurenya akan meningkat. Setelah orang tahu ada event yang bagus di Bangka Belitung akan sangat sayang untuk dilewatkan,” ujarnya. Puji juga sudah berkeliling ke kabupaten/kota di Bangka yang menjadi wilayah kerjanya dan bertemu dengan kepala daerah.
Dalam pertemuan tersebut, Puji tak lupa menanyakan event pariwisata yang ada di daerah agar dapat dibantu promosi secara gratis. Pada satu sisi dikatakan Puji pihak Garuda Indonesia mendapat keuntungan dengan tambahan trafik penumpang. Platform yang digunakan untuk calendar of event ada berbagai macam media promosi yang disediakan, seperti website dan beberapa chanel yang bisa dimanfaatkan selama event tersebut untuk mendukung pariwisata Babel.
Jika dikirimkan lebih awal desain dan deskripsi event pihak Garuda Indonesia bisa mencoba membantu nanti untuk diterbitkan di inflight magazine Garuda Indonesia karena memang untuk mencetak majalah butuh proses dan waktu. “Jumlah penumpang kita jutaan setiap bulannya jadi informasi ini bisa tersampaikan langsung. Diatas pesawat penumpang jika tidak tidur, menonton inflight entertainment atau membaca majalah, ini sebuah kesempatan untuk mengenalkan event-event di daerah. Karena sekarang informasi serba digital kita bisa menggunakan platform email broadcasting dengan bekerjasama dengan Garuda Indonesia di Jakarta karena disana marketnya luas dan segala komunitas ada disana,” jelasnya.
Puji menjelaskan, perkembangan kerjasama promosi pariwisata ini pihaknya sudah menyampaikan kepada Disbudpar Babel akan membantu menambah promosi destinasi pada website Garuda Indonesia. Pihaknya juga sudah meminta Disbudpar Babel untuk mengirimkan foto terbaik ditambah deskripsi kegiatan atau destinasi yang informatif dan dapat menggugah calon wisatawan.
“Kami akan segera mengajukan ke pusat nanti bisa dicek di website Garuda Indonesia, nanti bisa dicek Bangka dan Belitung jadi kita masih menunggu dari pihak Disbudpar. Untuk inflight magazine musti dari jauh-jauh hari ini,” ucapnya. Menarik Kunjungan Wisatawan Diharapkan dengan adanya promosi tersebut dapat mendorong trafik kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung, pihak maskapai pun otomatis akan mendapat dampaknya.
Karenanya Garuda Indonesia terus berpartisipasi aktif untuk mencari tahu event-event apa saja yang tertuang dalam calendar of event dan mencari cara agar event tersebut diketahui masyarakat luas dengan melakukan promosi. “Calendar of event di Bangka secara umum sudah baik dan sudah banyak dan segmennya juga berbeda-beda, ada yang sport tourism, tourism, industry dan bisnis meeting ini sudah sangat bagus.
Harapannya memang kedepannya event-event yang ada di Bangka Belitung ini terus berkembang karena pariwisata dan kunjungan wisatawan dampaknya besar,” ujarnya. Puji menilai pengembangan pariwisata di Bangka Belitung sudah ada peningkatan, baik dari infrastruktur, SDM dan teknologi. Teknologi dimaksudkan sudah berkembangnya promosi dan penjualan paket tur melalui digital.
Berdasarkan pengalamannya berkomunikasi dengan pihak tur operator kini jumlah wisatawan yang datang semakin meningkat. Ini menjadi indikasi yang baik untuk melakukan promosi dan meningkatkan infrastruktur. “Kita juga merasakan sendiri dalam beberapa tahun belakangan ada peningkatan perbaikan infrastruktur di spot wisata, jaringan komunikasi/internet, dan harapan kami ini akan terus meningkat,” katanya.
Menanggapi tawaran promosi tersebut, Kasi Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung Achmad Fajri mengatakan, promosi tersebut upaya menindaklanjuti MoU anatara Pemprov Babel dengan maskapai Garuda Indonesia.
MoU tersebut antara lain jasa layanan penerbangan kaitannya dengan Dinas Perhubungan, jasa layanan haji kaitannya dengan Biro Kesra dan pengembangan pemasaran pariwisata kaitannya dengan Disbudpar. Selain itu, salah satu komitmen dari Garuda Indonesia membantu daerah untuk dipromosikan, baik di domestik maupun mancanegara.
Apalagi Bangka Belitung masuk dalam 10 destinasi prioritas jadi Garuda Indonesia membuka peluang seluas-luasnya untuk pemerintah daerah berpromosi di website dan medsos milik Garuda Indonesia. “Jadi dari pemerintah daerah tinggal menyiapkan kontennya seperti apa, kita kan ada 3 event nasional, dalam waktu dekat ada Bangka Culture Wave berlangsung April. Kalau sudah ada videonya maksimal 2 menit sudah bagus hasil videonya bisa kita kasih dan berikan ke Garuda Indonesia untuk tampil di website dan medsos garuda secara gratis,” ujar Fajri. (BBR)