Melati Erzaldi Minta Serius Tentukan Arah Rakerda Kwarda Babel

Irwan
Melati Erzaldi Minta Serius Tentukan Arah Rakerda Kwarda Babel

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Ketua Kwartir Daerah (Kakwarda) Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung Melati Erzaldi membuka Rapat Paripurna Andalan Daerah dan Pra Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung 2021 di Kantor Gerakan Pramuka Kwarda Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Rabu (20/1/2021).

Melati Erzaldi meminta para peserta dapat mengikuti rapat dengan saksama karena pentingnya menentukan arah Rakerda.

“Jadi, saya minta Kakak-kakak semua serius mengikuti Pra-Rakerda ini dan manfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan program prioritasnya," ungkapnya.

Melati menuturkan, pandemi Covid-19 memberikan dampak pada perencanaan program Pramuka.

"Kita semua tahu bahwa Covid-19 memberikan dampak yang buruk, tidak hanya bagi kita yang di daerah, tapi juga  seluruh Indonesia, bahkan dunia. Begitu juga dengan perencanaan program Pramuka kita, perlu adanya refocusing hingga reschedule," tuturnya.

Terdapat sepuluh bidang yang memaparkan program-program prioritas, yakni Kesekretariatan, Bidang Pembinaan Anggota Muda, Bidang Pembinaan Anggota Dewasa dan Bela Negara, Bidang Organisasi dan Hukum, Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Bidang Sarana dan Prasarana, Bidang Usaha dan Kerjasama, Ex-Officio Pusdiklatda, Ex-Officio Puslitbang, dan Ex-Officio DKD.

Setiap perwakilan bidang menyampaikan pelaksanaan dan evaluasi program yang telah dilaksanakan pada tahun 2020, hingga alasan program tersebut harus dipertahankan.

"Nanti setelah setiap bidang mempresentasikan, kita koreksi mana program yang memang harus diprioritaskan untuk dinaikkan di 2021. Saya minta kakak-kakak sekalian dapat bersikap legowo, ya. Demi kepentingan kita bersama," ujarnya.

Melati Erzaldi berharap, pelaksanaan Rakerda nantinya dapat direncanakan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

"Harapan saya, Rakerda dapat segera dilaksanakan dan berjalan lancar, karena teman-teman yang di cabang juga sudah menunggu. Siapkan ini dengan benar-benar matang," ungkapnya.

Rakerda direncanakan akan digelar dalam waktu dekat, secara virtual. Hal ini mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan di masa pandemi.

"Mudah-mudahan Rakerda ini dapat segera dilaksanakan dalam waktu dekat, ya, walaupun secara virtual. Karena kita harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan kita semua, agar terhindar dari Covid-19," ucapnya.

Turut hadir dalam acara ini Ketua LKP Kwarda Babel, para Wakil Ketua Kwarda Babel, Sekretaris dan Wakil Sekretaris Kwarda Babel, Bendahara dan Wakil Bendahara Kwarda Babel, seluruh Andalan Daerah, Kapusdiklatda Kwarda Babel, Kapuslitbangda Babel dan Ketua DKD Babel. (BBR/ADV)

Penulis: Ernawati Arif
Foto: Iyas Zi