Gelar Rapid Antigen di Dinas Sosial Bangka, Kepala Puskesmas Sinar Baru: Ada 9 Orang Reaktif

Irwan
Gelar Rapid Antigen di Dinas Sosial Bangka, Kepala Puskesmas Sinar Baru: Ada 9 Orang Reaktif

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bangka menggelar pemeriksaan rapid test antigen dengan menyasar perkantoran dan Dinas pemerintahan.

Langkah ini untuk memutuskan mata rantai penyebaran wabah virus corona di tengah masyarakat.

Kepala Puskesmas Sinar Baru Sri Widayati mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka hari ini Selasa 19 Januari melakukan pemeriksaan rapid test anti bodi di Kantor Dinas Sosial.

Menurutnya, kegiatan dalam memutuskan mata rantai penyebaran wabah virus corona kluster perkantoran ini diikuti oleh sebanyak 77 orang.

Untuk rapid antigen yang juga dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Bangka terdapat 9 orang yang hasil pemeriksaan dinyatakan reaktif.

"Kami langsung meminta kepada 9 orang yang hasil pemeriksaan rapid antigennya reaktif untuk ditindaklanjuti dengan dilakukan pemeriksaan PCR. Dan pemeriksaan itu harus dilakukan hari ini juga, dan yang bersangkutan diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri sebelum hasil PCR keluar," tegasnya, Selasa (19/1/2021).

Lebih lanjut dijelaskan, pemeriksaan PCR hanya dikhususkan bagi orang yang hasil pemeriksaan rapid antigennya reaktif. Hal ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Maka dari itu, Sri Widayati mengimbau kepada masyarakat agar tetap terus menerapkan protokol kesehatan covid-19 dengan ketat.

Mulai dengan memakai masker seketika berada di luar rumah, mencuci tangan dengan air sabun dan air yang mengalir kemudian menjaga jarak antar sesama.

"Kami berharap dengan kegiatan pemeriksaan rapid test antigen secara masif yang di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten di setiap Dinas ini dapat memutuskan dan meminimalisir sedini mungkin penyeberangan mata rantai wabah virus corona," tutupnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan