Gelar Rapid Test Massal di Kecamatan Merawang, Tim GTPP Covid-19 Babel Temukan 1 Orang Reaktif

Ibnuwasisto
Gelar Rapid Test Massal di Kecamatan Merawang, Tim GTPP Covid-19 Babel Temukan 1 Orang Reaktif
Petugas saat melakukan pemeriksaan rapid test masal kepada warga di Kecamatan Merawang, Kamis (14/5/2020). (Fot.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Guna memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19, Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung melakukan rapid test masal di daerah yang sudah masuk zona merah. Rapid test yang rencananya akan diikuti oleh 300 orang tersebut digelar di Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Kamis (14/5/2020).

Kegiatan itu terlaksana atas kerja sama antara Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung bersama dengan BPBD Bangka Belitung dan Rumah Sakit Soekarno Provinsi Bangka Belitung.

"Yang mendaftar untuk melakukan test rapid masal ini ada sebanyak 140 orang dan yang hadir 139 orang. Dengan rincian sebagai berikut, pegawai Puskemas, Polsek, Koramil, Desa Merawang dan Desa Batu Rusa," ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH.

Kemudian ia menyebutkan, dari 139 orang yang melakukan rapid test, terdapat satu orang yang hasilnya reaktif dengan inisial HL (57) seorang PNS warga Desa Pagarawan.

"Besok kami akan melakukan pemeriksaan Swab terhadap 6 pasien yang lainnya termasuk juga HL. Kita berharap mudah-mudahan hasil swabnya nanti negatif," katanya.

Selanjutnya pada hari Sabtu 16 Mei 2020 Tim GTPP Covid-19 Provinsi Bangka Belitung akan melakukan pemeriksaan masal di Kecamatan Pemali yang kemudian pada hari Senin 18 Mei 2020 akan dilanjutkan di Kecamatan Sungailiat.

Untuk pemeriksaan masal di Kecamatan Pemali akan di pusatkan di Pasar Higienis Air Ruai, dan untuk di Kecamatan Sungailiat dipusatkan di Pasar Kite dan di hari Selasa 19 Mei 2020 dilanjutkan pemeriksaan masal di Kecamatan Belinyu tepatnya di Pasar Belinyu.

"Saya meminta kepada para camat nantinya dapat menyiapkan tempat dengan baik dan yang representatif dengan pengaturan tempat duduk sesuai dengan aturan yang telah ditentukan," pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari BNPB Pusat, Mayjend Tito bersama rombongan, Kalakar BPBD Provinsi Bangka Belitung, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, Kalakar BPBD Kabupaten Bangka, Camat Merawang dan tamu undangan lainnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review