Gelar Webinar Millenial, BPC GMKI dan PC PMII Siapkan Program Bina Desa

Kasmirudin
Gelar Webinar Millenial, BPC GMKI dan PC PMII Siapkan Program Bina Desa
Badan Pengurus Cabang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Pangkalpinang dan Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Bangka, Webinar Milenial untuk menyiapkan program bina desa dalam memulihkan perekonomian di masa pandemi Covid-19, Kamis (17/9/2020). (Foto: Istimewa)

SUNGAILIAT,BABELREVIEW.CO.ID -- Badan Pengurus Cabang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (BPC GMKI) Pangkalpinang dan Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Bangka, menyiapkan program bina desa dalam memulihkan perekonomian di masa pandemi Covid-19, Kamis (17/9/2020).

Dalam kegiatan Webinar Milenial yang dipaparkan anggota DPR RI, Bambang Patijaya, Staff Khusus Milenial Presiden, Billy Mambrasar dan Staff Kementerian Desa RI, Sahabat Ahmad Riyadi, yang dipandu oleh Sahabat Septiar Andrilaransyah, Biro Pengembangan Media dan Informasi PC PMII Bangka.

Kegiatan Webinar Milenial bertemakan “Solusi dan Strategi Pemulihan Perekonomian Desa Era Covid-19”, dilaksanakan menggunakan aplikasi Zoom sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Goklas Hutagaol, Ketua BPC GMKI Pangkalpinang mengatakan, pandemi Covid-19  memberi dampak kepada masyarakat seperti jumlah kemiskinan meningkat dan perekonomian di ambang resesi. Seperti yang terjadi saat ini bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini -5,23 %  yang merupakan ancaman besar.

“Untuk memulihkan perekonomian tersebut, kita selaku pemuda millenial harus bisa berfikir kreatif  dan bergerak bersama untuk membantu desa dalam menggerakkan roda perekonomian. Banyak hal yang bisa dikembangkan di pedesaan, contohnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pertanian, nelayan dan yang lainnya. Kami berharap dari beberapa sektor tersebut dapat membantu Desa dalam meningkatkan perekonomian,” ungkapnya.

Sementara Itu Sahabat Mursalim, Ketua Umum PC PMII Bangka mengatakan, kegiatan tersebut tidak akan berhenti sampai di sini. Mereka akan mengadakan kegiatan bina desa dalam mengembangkan UMKM, nelayan, pertanian dan sektor lainnya, dalam memulihkan perekonomian desa yang sangat terdampak di era pandemi COVID-19.

“Kami sudah melakukan survei lapangan, kami sudah melakukan silaturahmi dengan masyarakat setempat dan juga sudah mendengar aspirasi masyarakat tersebut. Ada beberapa hal yang harus kami perhatikan, yaitu pengembangan UMKM, nelayan dan pertanian. Semoga kegiatan bina desa yang sudah kita rencanakan ini dapat segara kita realisasikan secepatnya," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Ibnu

Editor   : Kasmir