Geopark Pulau Bangka Siap Jadi Unggulan Bangka Belitung

kasmirudin
Geopark Pulau Bangka Siap Jadi Unggulan Bangka Belitung
Geopark Pulau Bangka yang segera diajukan menjadi taman nasional. (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG,BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berencana menjadikan geopark sebagai tema strategis pembangunan daerah ke depan.

Potensi geopark diyakini akan menjadi keunggulan baru Bangka Belitung, untuk mendongkrak pembangunan masyarakat yang berkelanjutan pada peningkatan ekonomi masyarakat di sektor wisata, konservasi, dan edukasi, melalui potensi keragaman flora dan fauna, serta keragaman budaya dan sejarah.

Geopark Nasional Pulau Bangka akan melengkapi dan mengoneksikan geopark nasional yang telah didapat oleh Pulau Belitung pada tahun 2019 lalu. Dengan harapan para wisatawan yang datang akan lebih betah lama tinggal di Bangka Belitung.

Dalam menuju Geopark Nasional Pulau Bangka, beberapa titik telah ditentukan. Wilayah ini memiliki hamparan bebatuan yang menakjubkan, di antaranya adalah:

  1. Bukit Penyabung
  2. Pantai Bembang
  3. Pantai Jerangkat
  4. Pantai Penganak
  5. Tanjung Tengkalat
  6. Pantai Punggur Puing
  7. Gunung Permisan
  8. Sungai Olin.
  9. Pantai Tapak Dewa

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan, Geopark Pulau Bangka yang akan diajukan menjadi taman nasional. Pemerintah dan tim percepatan Geopark Pulau Bangka akan mendorong hamparan geopark yang ada di tiga kabupaten yaitu Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Bangka, untuk segera dipercepat proses pengajuannya. Sehingga diharapkan pada Oktober 2020 ini, Geopark Nasional Pulau Bangka sudah ditetapkan.

“Setelah geopark nasional didapat, Geopark Bangka akan diajukan ke level yang lebih tinggi yaitu Asia Pasifik serta internasional. Dalam rangka percepatan itu, Erzaldi meminta pemda di tiga kabupaten yang dimaksud untuk saling bersinergi dalam pengurusannya,” kata Erzaldi.

Menurut Erzaldi, Geopark Bangka diyakini akan memberikan efek bagi perekonomian masyarakat. Terlebih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada era new normal ini, siap menerima wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan di semua sektor yang berkaitan dengan kegiatan pariwisata. Pemerintah juga telah menyiapkan serangkaian kebijakan terkait reaktivasi sektor pariwisata di masa era new normal itu.

  • Halaman
  • 1
  • 2