Giliran Lepong Bergembira Merayakan HUT Basel ke 17, Camat Lepong Tawarkan Eksotis Wisata Alam

Ahada
Giliran Lepong Bergembira Merayakan HUT Basel ke 17, Camat Lepong Tawarkan Eksotis Wisata Alam

LEPARPONGOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Setelah beberapa hari lalu masyarakat Kecamatan Payung meluapkan bahagiah dan rasa syukur dalam perayaan HUT Bangka Selatan yang ke 17, kini giliran masyarakat Kecamatan Lepar Pongok bergembira memperingati HUT Basel.

Sejak pagi hingga menjelang kedatangan tamu terhormat Bupati Bangka Selatan Justiar Noer, ribuan masyarakat Lepar Pongok berdatangan ke Lapangan Bola Desa Kumbang Kecamatan Lepar Pongok, Selasa (3/3/2020).

Terlihat keceriaan dari raut wajah warga saat berdatangan memenuhi lapangan bola tempat perayaan HUT Basel ke 17. Mulai dari yang muda hingga lansia, laki-laki maupun perempuan bergembira sengan senyum yang menghiasi wajah mereka.

Perayaan HUT Basel ke 17 di Lepar Pongok ini mengusung tema "Bangka Selatan Bersinergi".

Berbagai acara mewarnai perayaan HUT Basel ini,  antara lain Bazar Murah dari DPMPPTSPrindag, pembagian kartu identitas anak dari Dukcapil, stand kuliner dari berbagai instansi, dan arakan Serujo Kue Badak yang diikuti 15 peserta se Kecamatan Lepar Pongok.

Camat Lepar Pongok Dadang Zairina, SSTP mengatakan bahwa sehari sebelum peringatan HUT Basel tersebut, pihaknya telah melaksanakan kegiatan lomba Senam Bedambus Tingkat Kecamatan Lepar Pongok yang diikuti 16 peserta.

"Kecamatan Lepar Pongok dengan potensi wisata alamnya yang sangat potensial, sudah sering diliput media dalam dan luar daerah, baik media cetak maupun elektronik. Selain karena keindahan alam yang dimiliki Lepar Pongok, juga didukung beberapa faktor lain, diantaranya beberapa program yang telah dicanangkan Bupati Basel", imbuh Dadang.

Bupati Bangka Selatan Justiar Noer dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk berkontribusi dan sanggup berkompetisi.

"17 tahun Bangka Selatan, kita mesti sanggup berkompetisi, dan ikut menjadi pendorong peningkatan pembangunan di Indonesia secara global," ujar Justiar.

Oleh karena itu, kata Justiar, Pemkab Basel terus mengembangkan potensi ekonomi lokal dan investasi daerah. Sasarannya yaitu untuk meningkatkan produk unggulan daerah melalui kawasan ekonomi produksi pengembangan sentra-sentra produksi yang berbasis agro dan minapolitan sesuai dengan penataan ruang.

Sebagai contoh Kecamatan Lepar Pongok ini, nemiliki potensi perkebunan, pertanian dan kelautan serta pengembangan destinasi wisata pesisir dan pulau-pulau kecil, diantaranya terletak di Desa Tanjung Sangkar yang banyak menghasilkan kepiting.

Sedangkan  Pulau Kelapan dengan keindahan alam bawah laut, serta Pantai Lampu Desa Tanjung Labu dengan keindahan pemandangan pasir putih membentang sepanjang bibir pantai.

"Untuk kesinambungan di Kabupaten Basel, khususnya di Kecamatan Lepar Pongok, diperlukan partisipasi berbagai pihak, baik stakeholder maupun masyarakat," ungkap Justiar.

Acara dibuka langsung  Bupati Basel dengan pemotongan Nasi Tumpeng, kemudian  dilanjutkan dengan Pembagian Kartu Identitas Anak (KIA), peninjauan atand dan pameran, serta pentas seni.

Selain di hadiri  Bupati Basel, nampak hadir  Ketua DPRD Bangka Selatan, Sekretaris Dewan Bangka Selatan, Kapolsek Lepar Pongok, Kajari Bangka Selatan, dan para Kepala OPD Bangka Selatan serta Danramil Lepong Khoirudin Mulya Rohmana. (*/BBR)

Laporan: CJ Kulul Sari