Gubernur Babel Apresiasi Kepedulian RBB Muntok, Erzaldi : Ini Sebagai Contoh

diko subadya
Gubernur Babel Apresiasi Kepedulian RBB Muntok, Erzaldi : Ini Sebagai Contoh
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bersama Kapolda Babel, Brigjen Pol Anang Syarif saat melakukan peninjaun di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Minggu (19/4) (Foto Diskominfo Babel)

MUNTOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Usai kunjungi Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok di Kabupaten Bangka Barat, Gubernur Erzaldi Rosman sempatkan kunjungi Basecamp Relawan Bangka Barat (RBB), Minggu (19/4/20). 

Kunjungan Gubernur Erzaldi Rosman ke Basecamp RBB sebagai bentuk apresiasi tinggi terhadap gerakan yang dilakukan komunitas yang berdiri sejak 2019 lalu ini. Basecamp RBB yang bertempat di warung kopi milik Dani ini diketuai oleh Jauhari, seorang pelajar SMA negeri di Bangka Barat bersama teman-temannya. Tidak hanya pelajar SMA, anggota RBB juga terdiri dari pelajar SMP. 

RBB yang bergerak di Bangka Barat sebelumnya terfokus sebagai relawan yang membantu masyarakat tidak mampu untuk kesembuhan penderita penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung, paru-paru, dan sebagainya dengan langkah menggalang dana dan mengarahkan pengobatan. 

Seperti yang diketahui bersama, banyak dampak yang mempengaruhi ekonomi di level masyarakat manapun di Babel. Hal ini menggerakkan komunitas RBB untuk merubah sementara fungsinya ke arah penyaluran bantuan terhadap masyarakat terdampak Covid-19 khususnya di Bangka Barat. 

“Mereka berempati untuk mengumpulkan sumbangan dari masyarakat yang mampu dan disalurkan kepada masyarakat tidak mampu di saat pendemi ini,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman. 

“Inilah saatnya kita untuk berbagi. Apresiasi tinggi saya terhadap RBB, ini sebagai contoh kita memang harus bersama-sama untuk melawan efek dari bencana Covid-19,” tambah Gubernur Erzaldi Rosman bangga dengan gerakan komunitas ini. 

Dikatakan Gubernur Erzaldi Rosman, kunjungan ini selain menyampaikan sumbangan dari Ibu Melati Erzaldi yang sempat bersapa lewat media sosial instagram, juga mendukung dan menyemangati penuh gerakan RBB.

“Saya lihat strategi mereka dengan berdayakan uang sumbangan yang dibelanjakan di warung kecil sangat membantu. Sehingga ketahanan ekonomi usaha retail diantara sepinya pembelian yang disebabkan Covid-19,” ungkapnya. 

Dijelaskan oleh Dani, warga yang akan menerima bantuan disurvei terlebih dahulu oleh Jauhari bersama anggota lainnya. 

Bantuan dari penyumbang diterima dalam bentuk apapun, dapat berupa sembako dan uang tunai. 

Jika berbentuk uang, akan dibelanjakan sembako di pengecer-pengecer kecil seputaran Bangka Barat. 

Gubernur Erzaldi Rosman dukung penuh pola ini, diminta juga kepada RBB agar warga penerima bantuan untuk didata dengan baik nama pernama, agar tidak terjadi tumpang tindih penerimaan bantuan agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial di masyarakat.

Dalam kunjungan ini, Gubernur Erzaldi Rosman juga didampingi Kapolda Babel Brigjen Anang syarif Hidayat. Selain itu, didampingi juga oleh Bupati Bangka Barat Markus, Kapolres Bangka Barat AKBP Adenan, Dandim Bangka Barat Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa, serta Danposal Muntok Lanal Babel Kapten Laut Yuli Prabowo. 


Sumber Release Diskominfo Babel