Gubernur Babel dan Dirut PT BGR Logistics Resmikan Mobile Cold Storage Pangkalpinang

Kasmirudin
Gubernur Babel dan Dirut PT BGR Logistics Resmikan Mobile Cold Storage Pangkalpinang
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman bersama Direktur Utama PT BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, meresmikan Mobile Cold Strorage di Babel, Minggu (23/5/2021) pagi. (Foto: Mislam)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Gubernur Kepulauan Bangka Beitung (Babel) Erzaldi Rosman bersama Direktur Utama PT BGR Logistics, M. Kuncoro  Wibowo, meresmikan Mobile Cold Strorage di Babel, Minggu (23/5/2021) pagi.

Peresmian ini disaksikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, Sunardi, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Deki Susato, Dirut PT BBBS, Prof.  Saparudin dan seluruh jajaran PT BGR Logistics serta tamu undangan lainnya.

Kehadiran Mobile Cold Strorage milik PT. Bhanda Graha Reksa (BGR) Logistics Divre Pangkalpinang, di Jalan Ketapang  Kota Pangkalpinang ini bertujuan untuk menyimpan ikan, udang dan daging di ruang pendingin agar kualitas dan harganya selalu terjaga.

Erzaldi usai melakukan penguntingan pita dan peninjuan mengharapkan, agar kehadiran Mobile Cold Strorage bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis di Babel, khususnya di sektor perikanan dan udang.

“Mobile Cold Strorage ini bisa digunakan bermacam-macam, penyimpanan ikan, buah-buahan termasuk beberapa kontainer yang memiliki sifat keinginan khusus dari bayer. Diharapkan pelaku bisnis bisa memanfaatkannya,” kata Erzaldi.

Oleh sebab itu, pemerintah provinsi melalui BUMD dan BGR merasa bersukur karena sudah bisa mengakomodir ketersediaan kontainer yang memiliki Mobile Cold Strorage dengan kapasitas yang bervariasi, mulai dari 10, 20 sampai 40 vit dengan temperatur yang bisa diatur.

Menurutnya, kehadiran kontainer Mobile Cold Strorage ini dapat memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis. Terutama pelaku bisnis tambak udang dan ikan, karena tidak perlu lagi membawa es dan dikirim ke Jakarta atau Lampung. Namun, dari Babel sudah langsung bisa ekspor.

“Saya sudah memberikan arahan kepada Direktur BUMD dan diskusi kami dengan PT BGR, berupaya untuk mencari bayer dan membantu tambak kita untuk bisa ekspor dari Babel. Oleh sebab itu saya berharap tidak ada lagi alasan bagi para pelaku bisnis Babel tidak bisa melakukan ekspor dari Babel. Kita beri kemudahan dari ini, kita atur sedemikian rupa dan harga bersaing,” tuturnya.

Ditegaskan Erzaldi, bahwa hadirnya Mobile Cold Strorage di Babel semata-mata agar ada nilai tambah dari produk-produk komoditi Babel, yang akan memunculkan beberapa keuntungan misalnya lapangan kerja menjadi terbuka dan pertumbuhan ekonomi semakin tumbuh dan berkembang.

“Mulai hari ini cumi sudah memakai pasilitas Mobile Cold Strorage untuk ekspor ke negara Australia,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Utama PT BGR Logistics, M. Kuncoro  Wibowo menjelaskan, kehadiran BGR Logistics di Babel untuk membantu atau memfasilitasi agar perekeonomian di Babel bisa terus meningkat. Mobile Cold Strorage hadir terlebih dahulu di Bangka dan akan segera menyusul di Belitung.

“Teknisnya BGR bekerja sama dengan BUMD Babel, kita sudah lakukan PKS bersama dirutnya, nanti BUMD yang mengelolah. Kami hanya mempersiapkan pasilitas baik SDM dan teknologinya,” kata Kuncoro.

Kedepannya Pemerintah Provinsi Babel bersama BGR akan terus mengembangkan pemanfaatan Mobile Cold Strorage tersebut. (BBR)


Penulis : Mislam (Disperindag Babel)

Editor   : Kasmir