Gubernur Babel: Insya Allah Senin Ini Tes Swab Sudah Bisa Dimulai, Sehari Bisa 1000 Sampel

Ahada
Gubernur Babel: Insya Allah Senin Ini Tes Swab Sudah Bisa Dimulai, Sehari Bisa 1000 Sampel
Alat PCR dan fssilitas tes swab masal sudah tiba di Babel. Dijadwalkan Senin (20/4/2020) tes swab masal sudah bisa dimulai. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID – Alat-alat fasilitas laboratorium lengkap untuk mengadakan test swab di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah tiba.

Semua alat tersebut akan segera diinstal di Gedung Klinik Pratama (belakang kantor gubernur).

Paling lambat Senin (20/4/2020) ini test swab akan mulai dilakukan kepada masyarakat.

"Insya Allah paling lambat hari Senin sudah siap,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman di Gedung Klinik Pratama.

Guna melancarkan program tes swab masal ini, kata Gubernur Erzaldi, tim medis sudah dibekali pelatihan untuk mengambil hasil swab. 

Selain itu, ditegaskan Gubernur Erzaldi, bahwa kemampuan alat PCR tersebut dapat mengeluarkan seribu hasil sampel dalam satu hari. 

Untuk pelaksanaan swab, akan disasarkan kepada para Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan juga Orang Tanpa Gejala (OTG) yang daftarnya sudah dimiliki  Pemprov Babel.

Selanjutnya, juga akan dilakukan pengambilan swab kepada orang yang masuk ke Babel, begitu juga kepada orang yang ditracking, di mana orang yang ditracking tersebut pernah melakukan kontak dengan pasien yang terkonfirmasi Covid-19.

Untuk selanjutnya, tes swab dapat dilakukan kepada masyarakat yang ingin melakukan tes secara mandiri dengan biaya tes swab diadakan menggunakan skema subsidi silang.

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan test swab (mandiri), saya berharap, biaya tes swab ini kita adakan biaya subsidi silang. Yaitu, bagi yang tidak mampu akan digratiskan, sedangkan bagi yang mampu, dapat membiayai masyarakat yang tidak mampu,” ungkapnya.

Dengan subsidi silang ini, Gubernur Erzaldi Rosman mengharapkan dan mengimbau rasa kebersamaan dari masyarakat Babel, agar program ini dapat diberikan atau dilayani kepada setiap lapisan masyarakat tanpa memandang status. (*/BBR)