Gubernur Erzaldi Apresiasi Kampung Tegep Mandiri Desa Badau

Irwan
Gubernur Erzaldi Apresiasi Kampung Tegep Mandiri Desa Badau
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman

BELITUNG, BABELREVIEW.CO.ID -- Kunjungan kerja Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dalam mempersiapkan rangkaian kunjungan kerja Menteri PPN/Bappenas ke Pulau Belitung diisi dengan mengunjungi Desa Badau. Rabu (2/9/2020).

Gubernur Erzaldi didampingi Forkopimda Bangka Belitung memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Badau atas prestasinya mendirikan posko Kampung Tangguh Nusantara Tegep Mandiri (Tegas, Empati, Peduli) Tangkal Covid-19.

Desa Badau dengan jumlah penduduk 3.200 jiwa, sejak pandemi Covid-19 termasuk desa yang terdampak dari segi penurunan ekonomi. Sesuai arahan dari Bupati Belitung, dibentuklah posko relawan penanganan Covid-19.

Kades Badau Hermawan menjelaskan, seiring berjalan waktu memasuki era new normal, para relawan dialihfungsikan dalam posko kampung tegep mandiri dan tetap bekerja sama dengan Babinsa serta keamanan dan ketertiban masyarakat Kamtibmas setempat.

“Selain pola hidup sehat dan penerapan protokol kesehatan, kami juga menggalakan pembagian 3 ribu masker kepada masyarakat. Masker ini diproduksi para penjahit di Desa Badau sendiri,” ungkap Hermawan.

Untuk membangkitkan ekonomi masyarakat Desa Badau yang sudah terkenal dengan sirup nanasnya maka telah dilakukan pengolahan lahan tanaman nanas dari lahan bekas tambang.

“Karena penurunan ekonomi menjadi salah satu sumber masalah jika tidak diselesaikan bersama,” ujarnya.

Gubernur Erzaldi bersama Forkopimda terus mengapresiasi dan mendorong semangat Kampung Tegep Mandiri Desa Badau agar menang dalam ajang perlombaan Kampung Tegep Mandiri se-Babel.

“Saya juga berharap Desa Badau terus menjalankan kemandirian dan kewaspadaannya walaupun pandemi berakhir serta dinyatakan aman nantinya," ujar Erzaldi.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif juga menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap Desa Badau.

“Saya bangga dapat melihat sendiri Kampung Tegep Mandiri terbaik di Babel yaitu Desa Badau,” ungkap Anang.

“Yang terpenting bukan lombanya, bukan hadiahnya, tetapi semangatnya terus dijalankan meski Covid-19 berakhir kelak,” ujarnya. (BBR/ADV)

 

Penulis : Nona dp

Foto : Saktio