Gubernur Erzaldi Berharap Tahun Depan Ada Tiga Rumah yang Dibedah

kasmirudin
Gubernur Erzaldi Berharap Tahun Depan Ada Tiga Rumah yang Dibedah
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat melakukan peletakkan batu pertama bedah rumah di Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Rabu (9/10/2019). (Foto: Vera)

MANGGAR, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus berupaya memecahkan permasalahan akan kebutuhan perumahan dan permukiman, agar kualitas hidup masyarakat dapat meningkat.

Dalam waktu yang tidak lama lagi masyarakat Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), bakal memiliki rumah layak huni bertipe 36 yang akan dibangun melalui program ‘Bedah Rumah Mengabdi Untuk Negeri Menuju Babel Sejahtera’.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, didampingi Wakil Bupati Beltim, Burhanuddin dan Ketua DPRD Beltim, Fezzi Oktoselja melakukan peletakkan batu pertama pembangunan bedah rumah di Desa Baru Kecamatan Manggar, Rabu (10/10/19).

Sebelum melakukan peletakkan batu pertama gubernur Babel memberikan santunan kepada 100 kaum dhuafa dan yatim piatu.

Rumah layak huni ini merupakan sumbangan pihak ketiga melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Dana yang dikumpulkan melalui Forum CSR Kesejahteraan Sosial Bangka Belitung itu berasal dari sumbangan perusahaan sawit di Kabupaten Beltim.

Gubernur Erzaldi mengapresiasi forum CSR yang memiliki program bedah rumah bersama Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Bangka Belitung. Adanya kegiatan ini untuk merangsang, agar perusahaan lain mau peduli dan melakukan hal yang sama. Ia berharap tahun depan bukan hanya satu namun ada tiga bedah rumah di setiap kabupaten/kota.

“Tahun ini setiap kabupaten/kota masing-masing satu rumah dulu. Tahun depan semoga bisa bertambah jadi tiga rumah di setiap daerah,” harap Erzaldi dihadapan awak media.

Lebih lanjut, Erzaldi mengungkapkan Pemprov Babel tahun ini sebenarnya sudah menganggarkan pembangunan rumah layak huni bagi 200 lebih kepala keluarga di seluruh Provinisi Babel. Program melalui APBD Kepulauan Babel itu lewat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman itu, merupakan ganti dari SATAM EMAS. Dalam program ini, ungkap Erzaldi, bukan hanya tugas pemerintah saja, tetapi semua pihak.

“Tugas kita bukan hanya pemerintah yang harus membantu masyarakat. Kita ingin menggugah hati kawan-kawan kita melalui program CSR, baik dari BUMN maupun swasta untuk urun rembuk membantu. Semoga BUMN dan perusahaan swasta segera menambah stimulus perekonomian untuk masyarakat," harap Erzaldi.

Sementara itu, Ketua Forum Corporate Social Respobsibility (CSR) Kesejahteraan Sosial Bangka Belitung Andrian mengatakan, kegiatan ini diinisiasi Forum CSR bersama TKSK, Karang Taruna, dan pekerja sosial kemasyarakatan serta disponsori oleh BUMN maupun perusahaan swasta yang beroperasi di Babel, seperti PT Timah, Angkasa Pura II, dan PT SWP.

Andrian berharap program bedah rumah ini dapat rutin dilaksanakan serta akan menambah jumlah rumah yang dibedah.

"Program ini kami lakukan agar ke depannya tidak ada lagi rumah tidak layak huni ada di Babel," katanya.

Salah satu penerima program bantuan bedah rumah dari Forum CSR, Evi mengungkapkan rasa syukur mendapat bantuan rumah tersebut. "Alhamdulillah, ini rejeki dari Allah SWT," kata Evi.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Beltim Burhanudin mengatakan peletakkan batu pertama ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam rangka penyediaan hunian layak, sehat dan nyaman bagi masyarakat melalui dana CSR. Semoga dana CSR yang didapat hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat.

“Jadi data masyarakat penerima bantuan hendaknya benar-benar tepat, sehingga dana tersalurkan dengan baik tanpa ada rebut di tengah-tengah masyarakat,” kata Aan sapaan wabup Beltim.

Saat ini setidaknya di Kabupaten Beltim terdapat 17.000 lebih rumah tidak layak huni. Untuk menekan angka itu, Aan mengatakan tahun 2020 mendatang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memberikan bantuan untuk pembangunan Rumah Layak Huni di Kabupaten Beltim. (BBR)


Penulis  : Vera
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review