Gubernur Erzaldi Ingin Kembalikan Masa Kejayaan Lada Babel

kasmirudin
Gubernur Erzaldi Ingin Kembalikan Masa Kejayaan Lada Babel
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat menyerahkan bantuan bibit lada kepada kelompok tani di Desa Terentang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka, Kamis (25/6/2020). (Foto: Istimewa)

KELAPA, BABELREVIEW.CO.ID -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman didampingi kepala Dinas Pertanian Babel, menyerahkan secara simbolis bantuan bibit lada, pupuk organik, dan trichoderma di Desa Terentang, Kecamatan Kelapa, Kelompok Tani Lemaer Dusun Belar, Kecamatan Simpang Teritip dan Kelompok Tani Pinang Jaya, Desa Terentang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat.

Erzaldi menegaskan, dirinya ingin mengembalikan masa kejayaan lada Bangka Belitung. Pada kesempatan ini ada dua kelompok tani yang akan diberi bantuan bibit lada. Satu kelompok tani terdiri dari 25 orang dan per orang mendapatkan bantuan bibit sebanyak 533 batang.

"Zaman sekarang ini masalahnya banyak masyarakat yang tidak mau menanam lada. Padahal lada kita dari Bangka Belitung ini merupakan lada terbaik dan merupakan komoditi yang tahan lama bisa bertahan hingga 10 tahun," ujarnya, Kamis (25/6/2020).

Untuk itu Pemprov Babel setiap tahun memberikan bibit dan pupuk organik gratis. Tahun ini ditambah dengan pemberian trichoderma. Trichoderma ini berfungsi sebagai pestisida biologis untuk menghindari penyakit.

Untuk menjaga kestabilan harga lada, Erzaldi mengatakan bahwa ini tergantung dari persediaan barang di pasaran. Apabila barang banyak beredar di pasar, maka harga akan murah. Namun  sebaliknya jika lada beredar di pasaran sedikit, tentu harga akan menjadi mahal.

"Jika harga lada sedang murah, jual seperlunya saja untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, jika harga lada sedang mahal bapak-bapak bisa menjual lada dalam jumlah yang lebih banyak," ujarnya.

Erzaldi juga ingin agar segera dibentuk paguyuban kelompok tani. Sehingga apabila ada pertanyaan dari petani, maka akan didiskusikan melalui paguyuban ini dan akan dijawab oleh penyuluh pertanian yang memang paham betul tentang ilmu pertanian ini.

Sariharjo dari Kelompok Tani Pinang Jaya, mengucapkan terima kasih atas bantuan lada yang diberikan oleh pihak Pemprov Babel. Menurutnya, hal ini sesuai dengan janji kampanye bapak Gubernur yakni 'Sejuta Bibit Lada'. Dirinya berharap melalui bantuan bibit lada ini bisa membantu menyejahterakan kehidupan para petani di Bangka Belitung.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Desa Terentang, Zulkarnain. Ia sangat mendukung program-program dari Pemprov Babel dan berterima kasih atas kunjungan Gubernur Erzaldi serta pemberian bantuan bibit lada bagi masyarakat Desa Terentang. Harapannya semoga hal ini bisa membawa keberkahan. (BBR)


Penulis : Rilis Diskominfo Babel

Editor   : Kasmir