Gubernur Erzaldi Ingin Masyarakat Kembangkan Ayam Merawang

Irwan
Gubernur Erzaldi Ingin Masyarakat Kembangkan Ayam Merawang
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat singgah di UPTD Balai Benih Pertanian Babel di Air Pelempang, Mendo Barat, Selasa (21/4/2020). Foto: Ist

MENDO BARAT, BABELREVIEW.CO.ID – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Pertanian Bangka Belitung akan membuat pola manajemen perencanaan pembibitan ayam merawang plasma hutfah yang merupakan varietas khas Bangka Belitung dengan melibatkan masyarakat.

Hal itu diutarakan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat singgah dalam perjalanan pulang usai kegiatan dari Tanjung Pura, di UPTD Balai Benih Pertanian Babel yang berlokasi di Jalan Raya Penagan, Air Pelempang, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Selasa (21/4/2020).

Pembibitan ayam bekerja sama dengan masyarakat dan hasilnya untuk membantu masyarakat itu sendiri, sebagai modal penghasilan tambahan keluarga-keluarga yang ada di desa. Hal ini juga ditujukan untuk meningkatkan gizi masyarakat, dengan gemar makan daging terutama daging ayam.

"Ketika kita bantu pembibitan ayam kepada masyarakat, selain hasilnya bisa dijual, masyarakat akan memperoleh daging ayam dengan mudah dan murah untuk dikonsumsi," ujar Erzaldi.

Menurutnya, ini juga merupakan salah satu bagian upaya menjadikan UPTD Balai Benih Air Pelempang sebagai Science Techno Park.

Saat ini UPTD Balai Benih Air Pelempang memiliki pengolahan perkebunan berupa pembibitan sawit, lada serta buah-buahan, di bidang peternakan ada penggemukan dan pembibitan sapi, ditambah dengan ayam merawang ini.

Di tempat ini juga akan didirikan lembaga pendidikan. Dalam peninjauan ini Gubernur Erzaldi Rosman didampingi Kepala UPTD Balai Benih Air Pelempang Judnaidy. (BBR)