Gubernur Erzaldi Minta Masyarakat Kelola Hutan untuk Tingkatkan Kesejahteraan

Irwan
Gubernur Erzaldi Minta Masyarakat Kelola Hutan untuk Tingkatkan Kesejahteraan

PULAU BESAR, BABELREVIEW.CO.ID - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman memberikan arahan kepada Pengelola Hutan Kemasyarakatan (HKm) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mercusuar Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Jumat (15/1/2021).

Kegiatan ini dalam rangka pemanfaatan hutan di kawasan tersebut dengan maksud agar masyarakat tetap menjaga hutan sekaligus bisa memperoleh manfaat ekonomi.

"Kawasan hutan di sini dimanfaatkan oleh Kelompok Hkm Pokdarwis Mercusuar, ada beberapa hal yang mereka kembangkan di sini. Selain mereka menanam bakau kita arahkan juga untuk membudidayakan kepiting bakau" ujarnya.

Selanjutnya, Gubernur Erzaldi mengatakan bahwa mercusuar bersejarah yang ada di kawasan tersebut memiliki potensi sebagai Daya Tarik Wisata (DTW).

"Kebetulan di kawasan ini ada mercusuar yang bersejarah, ini bisa menjadi daya tarik wisata. Sehingga nantinya banyak orang berwisata ke sini sekaligus mereka (HKm Pokdarwis Mercusuar) bisa membudidayakan kepiting bakau, "tegasnya.

Gubernur secara tegas mengapresiasi masyarakat yang selama ini berkomitmen  menjaga hutan bakau. Dirinya mengatakan bahwa pemerintah akan terus melakukan pendampingan langsung dan secara bertahap.

"Untuk suksesnya program ini kami Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov.Kep.Babel), akan memberikan bantuan untuk pengelolaan kawasan hutan di Babel. Karena Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov.Kep.Babel) menjadi salah satu dari 9 provinsi yang mendapatkan perhatian khusus dalam rangka pengembangan dan rehabilitasi hutan bakau di Indonesia," ungkapnya.

Gubernur berharap kawasan hutan di Prov. Kep.Babel tetap terjaga kelestariannya walaupun daerah ini dikenal sebagai daerah tambang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Pemprov. Kep. Babel H. Marwan menambahkan selain pemanfaatan di atas tadi, Gubernur Erzaldi ingin memberdayakan kelompok tani untuk mengelola kawasan hutan dengan menanam berbagai komoditi seperti jahe merah, porang, kapulaga yang terintegrasikan.

Ketua Kelompok HKm Pokdarwis Mercusuar Desa Batu Betumpang, Hadri Saputra  menjelaskan, bahwa mereka sudah mengelola kawasan hutan seluas 25 ha, untuk tanaman bakau dan akan di perluas lagi.

Berdasarkan keterangan Kepala Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Batu Rusa Cerucuk, Tekstianto memberikan apresiasi atas kunjungan Gubernur Erzaldi.

"Meengingat kelompok HKm Pokdarwis Mercusuar Desa Batu Betumpang ini merupakan salah satu kelompok yang mendapatkan bantuan dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang masuk dalam Program Padat Karya.Bantuan ini dapat berlanjut di Tahun 2021," ujarnya. (BBR/ADV)

Penulis  : Hasan A. M

Foto : Saktio