Gubernur Erzaldi Samakan Persepsi Guna Sambut Tahun Ajaran Baru Era New Normal

kasmirudin
Gubernur Erzaldi Samakan Persepsi Guna Sambut Tahun Ajaran Baru Era New Normal
Gubernur Erzaldi Rosman memberikan arahan kepada kepala SMA, SMK, SLB se - Bangka Belitung yang berlangsung di Ruang Rapat Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Rabu (8/7/2020). (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Gubernur Erzaldi Rosman memberikan arahan kepada kepala SMA, SMK, SLB se - Bangka Belitung (Babel) yang berlangsung di Ruang Rapat Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Rabu (8/7/2020).

Sebelum rapat, para kepala sekolah sholat subuh berjamaah dengan Gubernur Erzaldi, sekaligus mendengarkan ceramah Islam yang disampaikan oleh Ustad Sahirman.

Erzaldi menjelaskan, rapat terkait mulainya tahun ajaran 2020-2021 tanggal 13 Juli 2020 di era new normal harus dilakukan dengan menyamakan persepsi. Sehingga dapat berjalan sesuai yang diinginkan.

Hal ini sangat penting menurut Erzaldi, mengingat pemahaman masyarakat terhadap penanganan Covid -19 berbeda-beda.

"Masyarakat kita ini pemahamannya berbeda-beda, ada yang paham, ada juga paham tetapi berlebihan. Ada yang tidak paham tetapi sok paham, tentunya ini harus disamakan persepsinya. Sekolah harus masuk jika kondisi daerah sudah dinyatakan sebagai zona hijau. Sedangkan untuk zona merah, pembelajaran mengikuti sistem daring," ungkapnya.

 Yang penting diperhatikan oleh sekolah dalam pembelajaran tatap muka saat ini, adalah menyiapkan alat pelindung diri sesuai protokol kesehatan.

"Siswa ke sekolah harus pakai masker, siswa membawa sanitizer, sanitizer bisa dibuat dari daun sirih, bangku harus berjarak, siswa harus masuk bergilir guna menghindari kepadatan," ujarnya.

Oleh sebab itu, Erzaldi menegaskan, bahwa masuk sekolah dari hari pertama hingga hari ke sepuluh harus melakukan protokol Covid-19 di daerah masing-masing.

Guna menghindari kericuhan dalam pembelajaran era new normal ini, Erzaldi mengimbau kepada para guru agar tidak mengomentari masalah ini di medsos. Karena akan menyebabkan suasana menjadi gaduh.

 Untuk SMK, Erzaldi mengingatkan agar tempat praktik harus menjalankan protokol kesehatan, demi keselamatan bersama.

Ia berharap dengan pertemuan ini para kepala sekolah dapat menjalankan pembelajaran tatap muka di era new normal dengan baik, sehingga tahun ajaran baru sesuai harapan bersama.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel, M. Soleh membenarkan hal ini, supaya sekolah tatap muka dapat diterapkan sesuai protokol kesehatan.

"Kita menyamakan persepsi dalam rangka menghadapi new normal tahun pelajaran 2020-2021 yang dimulai 13 Juli 2020. Maka, kita menyamakan persepsi terhadap kebijakan Pemprov Babel. Kalau kita melakukan pembelajaran tatap muka di zona hijau, maka panduan protokol kesehatan harus dipersiapkan betul-betul dari sekolah. Oleh sebab itu, Pak gubernur ingin menjaga keselamatan bersama," ungkapnya.

 Menurutnya, sekolah tatap muka saat ini hanya SMA dan SMK yang berada di zona hijau, sedangkan untuk SLB dibuka bulan Desember mendatang.

“Di Babel ada 131 kepala SMA, SMK dan SLB baik sekolah negeri dan swasta. Saya berharap orang tua siswa, agar membiasakan diri bahwa pandemi Covid-19 menjadi pembelajaran bagi semua melalui pembelajaran saat ini,” tutupnya. (BBR)


Penulis : Diskominfo Babel

Editor   : Kasmir