Gubernur Erzaldi Tekankan Pentingnya Menanam Lada Sesuai SOP Kepada Penyuluh Milenial

Irwan
Gubernur Erzaldi Tekankan Pentingnya Menanam Lada Sesuai SOP Kepada Penyuluh Milenial
Gubernur Babel Erzaldi Rosman memberikan arahan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Petani dan Penyuluh Milenial, Jumat (10/1/2020) pagi, di Balai Benih Pertanian Air Pelempang, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka. Foto: ist

MENDOBARAT, BABELREVIEW.CO.ID – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengajak para petani dan Penyuluh Pertanian Milenial untuk menanam lada sesuai dengan Standar Oprasional Prosedur (SOP) dalam menanam lada.

“Kalau bibit bagus di tanam sesuai SOP insya Allah hasilnya bagus. Tapi maaf bibit bagus di tanam dengan cara-cara tidak bagus hasilnya pun kurang bagus. Namun kalau sesuai SOP maka hasilnya atau produktivitas ladanya bagus,” ujar Gubernur dalam kegiatan Bimbingan Teknis Petani dan Penyuluh Milenial, Jumat (10/1/2020) pagi, di Balai Benih Pertanian Air Pelempang, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka seperti dilansir dari Humas Pemprov Babel.

Kegiatan bimbingan tersebut dalam rangka Peningkatan Kapabilitas Penyuluh dan SDM Pertanian tahun 2020 agar menghasilkan lada yang berkualitas, sehingga hasil produksi meningkat dan meningkatkan harga lada yang akhirnya membuat para petani sejahtera.

Dicontohkan Gubernur Erzaldi, bibit bagus harus dikasih pupuk bagus, kemudian cara tanamnya juga harus 40 cm panjang, 40 kedalamannya, seterusnya letakkan pupuk kompos, dibiarkan dua minggu baru di tanam.

“Ini malah sebaliknya, langsung tanam. Memang, dia hidup, tapi tidak bagus, dan hasil produktivitasnya juga tidak bagus,” katanya.

Kegiatan yang dihadiri Staf Khusus Gubernur Babel Saparudin, Bambang Hadimulyo, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel Juaidi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel M. Soleh.

“Saya mau memberikan pemahaman mengenai tata niaga lada kepada bapak-bapak ibu sekalian dan akan ditambah lagi pemahamannya pada hari ini karena ada hal-hal yang belum sempurna,” ujanya.

Dikatakan Erzaldi, sebelumnya pemerintah sudah memberikan pemahaman SOP menanam lada dan akan lebih dijelaskan lagi oleh para Petugas Peyuluh Lapangan (PPL).

“SOP berkenaan dengan bibit, cara menanam sudah diberikan kepada para Petani, tinggal PPL membeikan penjelasan kepada para petani cara menanam yang baik dan benar,” ujarnya. (BBR)