Gubernur Erzaldi Tinjau Penanganan Penyebaran Covid-19 dan Beri Semangat Petugas Medis

Irwan
Gubernur Erzaldi Tinjau Penanganan Penyebaran Covid-19 dan Beri Semangat Petugas Medis
Gubernur Erzaldi tinjau Klinik Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel. Foto: Ist

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID - Gubernur Babel Erzaldi Rosman melakukan peninjauan ke beberapa tempat terkait penanganan penyebaran Covid-19 sekaligus memberikan semangat kepada petugas medis, Selasa (28/4/2020). Gubernur juga ingin melihat sejauh mana perkembangan pencegahan dan penyebaran Covid-19 di Babel.

Lokasi pertama yang ditinjau yaitu Klinik Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel, di mana tempat ini merupakan tempat tes swab Covid-19, sekaligus melakukan serah terima Alat Pelindung Diri (APD) dari RSBT untuk petugas medis di klinik.

APD tersebut antara lain, topi pengamanan, kacamata pengamanan, masker, respirator, jas laboratorium, apron, sarung tangan, serta beberapa alat lainnya.

“Perlu kami sampaikan sesuai hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) pasien dari Bangka Tengah setelah dilakukan pemeriksaan sebanyak dua kali, hasilnya negatif. Warga dari Belitung ada tiga pasien hasilnya negatif, selanjutnya di klinik kesehatan di lakukan rapid test sebanyak 56 pasien, hasilnya dua orang reaktif dan sekarang sudah diisolasi di wisma karantina, selanjutnya akan diambil proses swab. Total swab pada hari ini sebanyak sembilan orang,” ungkap Gubernur Erzaldi.

“Hingga berita ini diturunkan, jumlah OTG se-Babel sebanyak 187 orang, dalam proses pemantauan sebanyak 414 orang. ODP 965 orang, dalam proses pemantauan sebanyak 67 orang. PDP 73 orang, proses pengawasan 29 orang,” lanjutnya.

Dengan demikian, orang yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 10 orang, dengan rincian di Kota Pangkalpinang sebanyak tiga orang, Kabupaten Bangka satu orang, Bangka Selatan dua orang, dan Belitung sebanyak empat orang. Sedangkan hasil swab yang negatif sebanyak 107 orang, sembuh 2 orang dan meninggal 1 orang.

Gubernur berharap, jumlah pasien yang sehat akan bertambah setelah hasil tes swab selesai dilakukan, dan yang dinyatakan sehat mereka bisa pulang ke rumah masing-masing. Diharapkan juga penanganan penyebaran Covid-19 di Babel dapat ditangani bersama–sama, dan Pemprov Babel selalu mendukung upaya pencegahan yang dilakukan masyarakat, dengan harapan bencana ini cepat berlalu.

“Tak bosan saya sampaikan kepada masyarakat agar selalu memakai masker, keluar rumah seperlunya saja, dan selalu jaga jarak, semoga kita semua dalam lindungan Tuhan yang maha esa, tetap semangat berjuang melawan Covid-19 ini,” ujarnya. (BBR)