Gubernur Pantau UNBK Pelajar SMK, Doakan Siswa Lancar Hadapi Ujian Nasional

Admin
Gubernur Pantau UNBK Pelajar SMK, Doakan Siswa Lancar Hadapi Ujian Nasional
Foto: Diko

PANGKALPINANG, BABELREVIEW -- Hari ini Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman melakukan pemantauan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 1 Pangkalpinang, SMKN 1 Pangkalanbaru dan SMKN 2 Pangkalpinang.


Rute pertama gubernur beserta Dinas Pendidikan Pemprov Babel melakukan kunjungan ke SMKN 1 Pangkalanbaru sekitar pukul 07.30 WIB. Setelah itu rombongan gubernur bergerak menuju SMKN 1 Pangkalpinang kemudian SMKN 2 Pangkalpinang. 


Melalui kunjungan dan pemantauan ini Gubernur Erzaldi ingin memastikan pelaksanaan UNBK di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjalan lancar dan tidak menghadapi kendala. 


Selain itu, Gubernur ingin memberikan motivasi kepada para siswa kelas XII SMK se Babel untuk melaksanakan ujian secara jujur. Gubernur tidak ingin pada UNBK terjadi kecurangan baik di sengaja atau tidak disengaja.


Hakikat ujian nasional (UN) adalah untuk evaluasi sistem pendidikan dasar dan menengah secara nasional. Karena itu, gubernur berharap agar dalam pelaksanaan UN tahun 2018 tidak terjadi pelanggaran atau kecurangan.


"Peningkatan reputasi dan integritas pelaksanaan UN di Babel ini kita perlukan. Sehingga diharapkan modus-modus kecurangan yang bisa menurunkan reputasi UN tidak terjadi," ujar Gubernur Erzaldi.


Melalui pelaksanaan UN ini, pemerintah bertujuan untuk menyamaratakan mutu pendidikan antardaerah yang selama ini masih dirasa jomplang. Sehingga, UN yang maksimal dan tidak diwarnai kecurangan akan membantu pemetaan dan evaluasi pendidikan. UN sekaligus digunakan sebagai standardisasi dari pemerintah untuk mengukur kemampuan siswa juga.


"Saya doakan semoga seluruh pelajar SMK se Bangka Belitung yang mulai melaksanakan Ujian Nasional hari ini, bisa lancara dan benar dalam menjawab soal-soal ujian. Prestasi kalian akan mengharumkan Bangka Belitung," tukas gubernur.


Pelaksanaan UN untuk SMK ini berlangsung mulai hari ini Senin (2/4/2018)  hingga Kamis (5/4/2018). Setelah itu, pada 9 hingga 12 April 2018 merupakan jadwal pelaksanaan UN bagi siswa jenjang SMA/Madrasah Aliyah (MA).


Adapun untuk peserta didik yang tidak dapat mengikuti UN pada tanggal yang ditentukan dapat mengikuti UN susulan pada 17 dan 18 April 2018. Pada jenjang SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs), UN akan dilaksanakan pada 23 sampai dengan 26 April 2018. UN susulan akan diselenggarakan pada 8 dan 9 Mei 2018. (*)


Penulis: Kusuma
Editor: Kusuma