Gubernur Babel Serahkan Kunci Bedah Rumah kepada Nasir

kasmirudin
Gubernur Babel Serahkan Kunci Bedah Rumah kepada Nasir
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman membuka dan menyerahkan kunci bedah rumah kepada Nasir, di Kampung Seberang, Kota Pangkalpinang, Selasa (19/11/2019). (Foto: Humas Pemprov Babel)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Erzaldi Rosman membuka dan menyerahkan secara langsung kunci bedah rumah beserta isinya kepada pemilik rumah, Nasir, Selasa (19/11/2019) siang di Kampung Seberang, Kota Pangkalpinang.

Usai menyerahkan kunci, gubernur meninjau ruangan dan sudut rumah, sekaligus berdialog langsung dengan keluarga Nasir.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piagam kepada PT. PLN, PT. Refined Bangka Tin, PT. Angkasa Pura, PT. Steelindo Wahana Perkasa atas kontribusi dan partisipasinya dalam Bedah Rumah Mengabdi Untuk Negeri Menuju Babel Sejahtera di rumah Nasir.

Setelah menyerahkan piagam penghargaan, Gubernur Erzaldi mengatakan, pada hari ini dirinya telah menyerahkan satu unit rumah yang dibangun atas prakarsa CSR bersama, antara perusahaan swasta dan BUMN.

Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan apresiasi yang tinggi, kepada perusahan atas bantuan CSR. Menurut gubernur, kegiatan ini awal yang baik dan ke depan nantinya kegiatan ini agar dapat berkelanjutan pada tahun 2020. Tentunya dengan target-target yang sudah terukur.

“Untuk tahun ini ada tujuh rumah yang akan dibedah, setiap kabupaten/kota satu rumah. Pada tahun 2020, rencananya tiga rumah setiap kabupaten/kota,” katanya.

Gubernur pada kesempat itu,  berharap kepada perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN, untuk terus dapat membatu pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat sejahtera.

“Program ini bukan hanya di Pangkalpinang, tapi juga di sejumlah kabupaten lainnya di Babel,”
 ujar Erzaldi.

Selain perusahaan swasta dan BUMN, Erzaldi juga berharap kepada pemerintah kabupaten dan kota untuk ikut berperan serta juga dalam kegiatan ini. Tetapi bukan rumahnya, misalkan memberikan pekerjaan pada pemilik rumah yang baru direhab.

Contohnya Pak Nasir ini seorang nelayan, kapalnya punya orang dan ini harus diberdayakan. Sebab  ini tugas pemerintah, sehingga antara pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota serta TKSK sama mitra swasta dan BUMN, dapat bersinergi dalam membangun dan memberdayakan masyarakat. Sehingga masyarakatnya menjadi mampu dan lebih sejahtera.

Sementara itu,  Kasi Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Babel,  Dodi menjelaskan, melalui program sosial sekarang ini, maka ikut adil dalam membantu pemerintah, yang salah satu kegiatannya yaitu bedah rumah.

Kegiatan ini menurutnya, melibatkan forum dunia usaha, Karang Taruna, TKSK, dan PSM. Untuk  rehab rumah Nasir sendiri, telah dibantu oleh perusahaan Refined Bangka Tin dan PT. PLN serta perusahaan lainnya.

“Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat, yang memiliki rumah tidak layak huni,” ujarnya.

Nasir dengan raut wajah yang nampak senang mengucapkan terima kasih kepada gubernur Babel dan perusahaan yang telah membantu memperbaiki rumahnya.

Manto, pemborong rehab rumah menegaskan, bahwa program ini sangat bangus yaitu untuk membantu oarang yang tidak mampu. Dirinya menjelaskan, rumah Nasir telah dilakukan rehab selama satu bulan penuh, dengan ukuran rumah  rumah 36 m, yaitu 6x6 dengan lama pengerjaan satu bulan. (BBR)


Penulis  : Mislam (CJ)                               
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review