Hadapi Musim Kemarau, PDAM Tirta Bangka Terus Lakukan Persiapan

kasmirudin
Hadapi Musim Kemarau, PDAM Tirta Bangka Terus Lakukan Persiapan
Direktur PDAM Tirta Bangka, Suhendra. (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Untuk menghadapi musim kemarau tahun ini, PDAM Tirta Bangka akan terus melakukan persiapan. Dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka, hanya di Riau silip tepatnya Unit Cabang PDAM di Gunung Maras, Desa Berbura yang mengalami kekeringan.

Menurut Direktur PDAM Tirta Bangka Suhendra, bahwa hari ini pihaknya sudah melaporkan kepada badan pengawas jika terdapat kolong milik PT Timah yang lokasinya dekat unit cabang yang di Riau silip. Kolong tersebut mengandung sumber air sangat besar yang dapat difungsikan.

"Sumber itu namanya kolong parit 7 punya PT. Timah. Kita sudah menyurati pihak PT Timah untuk ijin manfaat yang nantinya dibuat penampung dan pengolahan melalui parit 7. Nantinya kita akan turun ke lokasi dengan pihak pengawas, supaya masalah ini dapat dengan segera diselesaikan dan kedepannya tidak ada pelanggan yang kekurangan air," ujarnya, Selasa (27/8/2019).

Suhendra menjelaskan, untuk unit cabang di 7 kecamatan semua debet airnya dalam kondisi aman. Tujuh kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Sungailiat, Merawang, Pemali, Puding, Belinyu, Mendobarat dan Bakam.

Terkait dengan kekeringan air yang di pesantren Puding Besar, pihaknya sebelumnya sudah melakukan bantuan pengiriman air, dan selanjutnya akan melakukan pengecekan embung yang disana.

"Kita tidak masalah jika harus mengantar terus, tetapi kita akan bantu carikan solusi terkait embung tersebut, apakah harus diperdalam lagi atau seperti apa nantinya. Karena saya lihat embung itu masih ada sumber airnya. Saat ini kita sudah koordinasi dengan camat Puding untuk membantu, jangan sampai pesantren tidak dapat air," ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk menghemat penggunaan air, karena diprediksi musim kemarau tahun ini akan berlangsung lama. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review