Hadiri Peresmian Kampoeng Reklamasi oleh PT. Timah, Mendra Kurniawan Tegaskan DPRD Akan Terus Kawal Proses Reklamasi

Ibnuwasisto
Hadiri Peresmian Kampoeng Reklamasi oleh PT. Timah, Mendra Kurniawan Tegaskan DPRD Akan Terus Kawal Proses Reklamasi
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Mendra Kurniawan saat menghadiri acara peresmian Kampoeng Reklamasi Air Jakung di Merawang, Kamis (28/12/2019). (Foto.Ibnu)

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID - Keseriusan PT. Timah dalam melakukan reklamasi lahan bekas tambang salah satunya diwujudkan dalam kegiatan yang dilaksanakan di desa Air Jakung Kecamatan Merawang pada hari Kamis 28 Desember 2019.

Acara tersebut PT. Timah tbk melakukan peresmian Kampoeng reklamasi Air Jakung dan Pencanangan PLTS On Grid 10 KWP.

Wakil Bupati Bangka Syahbudin Sip pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT. Timah tbk karena telah berinisiatif untuk melakukan reklamasi kali ini.

"Kita harus ketahui bahwa dari sekian banyak lahan tambang eks PT. Timah, disini merupakan langkah awal sebagai salah satu contoh untuk kampung reklamasi," tuturnya.

Selanjutnya dia mengharapkan semoga PT. Timah juga akan melakukan reklamasi juga di tempat lain juga. Sehingga nantinya dapat dijadikan tempat wisata edukasi dan dapat menyerap tenaga kerja.

"Yang terpenting bagi kita adalah dari segi aspek pemanfaatannya, penyerapan tenaga kerjanya dan edu tourism kepada masyarakat. Nantinya kami juga akan meminta kepada pihak ketiga atau mitra dari PT. Timah agar melakukan reklamasi pasca tambang," jelas Wabup.

Syahbudin mengatakan jika untuk di Kabupaten Bangka sendiri sudah ada beberapa perusahaan yang sudah melakukan program reklamasi tetapi masih maksimal.

"Nantinya dari PT. Timah tbk akan melakukan reklamasi lagi di 5 lokasi berbeda di Kabupaten Bangka, salah satunya nanti di Belinyu. Mudah mudahan bisa dilaksanakan dalam waktu dekat ini, sehingga masyarakat bisa menikmati dan memanfaatkan kondisi ini," ungkapnya.

Ditambahkan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Mendra Kurniawan menegaskan jika pertambangan bisa selaras dengan pariwisata. "Artinya bahwa jika ini dikelola dengan baik, ternyata pertambangan bisa sejalan dengan pariwisata. Itu kalau dikerjakan sesuai koridor dan masyarakat bisa satu pemahaman dengan masyarakat," kata Mendra.

Menurutnya, pihak dari DPRD tetap akan melakukan pengawasan bersama sama dengan pemkab dalam memastikan kepada mitra maupun pihak PT. Timah dalam melaksanakan reklamasi lahan bekas tambang.

"Kita sifatnya mengingatkan, menghimbau dan mengawal kepada pihak yang bersangkutan agar segera melakukan proses reklamasi. Jangan sampai nanti selesai reklamasi ditinggal begitu saja tanpa adanya perawatan dan pengawasan," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review