Hadiri Rapat Kesiapan Pelaksanaan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19, Danramil 0413-6/Sungailiat Ajak Masyarakat Lawan Pandemi Covid-19

Ibnuwasisto
Hadiri Rapat Kesiapan Pelaksanaan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19, Danramil 0413-6/Sungailiat Ajak Masyarakat Lawan Pandemi Covid-19
Danramil 0413-6/Sungailiat, Mayor Arh Daniel B Gala saat menghadiri rapat pelaksanaan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 di Rumah Dinas Bupati, Minggu (7/6/2020). (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID : Komandan Rayon Militer 0413-6/Sungailiat, Mayor Arh Daniel B Gala menghadiri kegiatan rapat membahas tentang Kesiapan Pelaksanaan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di Rumah Dinas Bupati Bangka, Minggu (7/6/2020).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Sekda Bangka itu dihadiri oleh Dir SDM PT. Timah Tbk, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrain Sungailiat, Kabagops Polres Bangka, Danramil Sungailiat, beberapa OPD dan Camat.

Dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Ten Suyanti mengatakan data karyawan yang dinyatakan hasil rapid testnya reaktif tidak dilaporkan oleh pihak PT. Timah Tbk ke pihak Posko GTPP Covid-19 Pemerintah Kabupaten.

Data yang diterimanya di Kabupaten Bangka hanya ada 31 orang dan yang 17 kasus lainnya dari cluster Kapal Keruk Singkep.

Kemudian Direktur Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Depati Bahrain Sungailiat Bangka, dr Yogi Yamani S.pb juga menuturkan seharusnya saat PT. Timah Tbk melakukan pemeriksaan rapid test maupun swab mandiri semestinya memberitahukan hasil pemeriksaan kepada pihak keluarga yang bersangkutan.

Ia menyesalkan kejadian yang menimpa kepada salah satu karyawan yang masih bekerja sedangkan hasil rapid test suaminya dari pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak PT. Timah sudah dinyatakan reaktif. Setelah mendapat informasi itu, pihaknya meminta istri dari orang itu untuk melakukan isolasi mandiri.

Sementara itu itu, Dir SDM PT. Timah Tbk, Muhammad Riski menyampaikan jika semua hasil test rapid dan swab yang dilakukan mandiri oleh pihak PT. Timah Tbk hasilnya sudah di laporkan langsung ke Posko GTPP Covid-19 Provinsi Bangka Belitung.

Kemudian Sekda Bangka, Andi Hudirman meminta kepada pihak PT. Timah Tbk agar selalu melakukan koordinasi dengan memberikan informasi terkait data karyawan yang hasil rapid testnya reaktif atau yang hasil swabnya positif, agar bisa dilakukan pemantauan oleh tim posko GTPP Covid-19 Pemkab Bangka maupun relawan pemantau. Sehingga wabah penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Bangka dapat dikendalikan.

Selesai rapat, Danramil 0413-6/Sungailiat, Mayor Arh Daniel B Gala mengharapkan seluruh leading sektor untuk bisa memberikan keterangan informasi mengenai Covid-19.

Selanjutnya ia mengajak kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak aman, menerapkan social dan physical distancing, berperilaku hidup bersih dan sehat dan kemudian cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

"Mari kita bersama-sama melawan wabah virus corona atau Pandemi Covid-19 ini dengan mematuhi himbauan yang telah diberikan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review