Hangout Seru Di Gorong-Gorong

Admin
Hangout Seru Di Gorong-Gorong
Foto: Ichsan Husein

TANJUNGPANDAN, BABEL REVIEW -- Terletak persis di sudut persimpangan Jalan Kemuning dan Jalan Pattimura, Kota Tanjungpandan, kafe ini memang dibangun di atas jalur gorong-gorong/ drainase saluran air. Namun berkat kreatifitas sang pemilik, area ini disulap sedemikian rupa menjadi sebuah kafe cantik dengan konsep kekinian. Sebetulnya kafe ini kini bernama Dapoer Fezdaf Cafe.

Walaupun begitu, masih saja istilah Gorong-gorong yang lebih familiar bagi anakanak muda Belitung. Sangat jelas bahwa Gorong-gorong membidik kalangan muda sebagai target pasarnya. Untuk itu secara fisik bangunan kafe didesain senyaman mungkin.

Maklum, bagi kawula muda generasi milenial, keseruan utama nongkrong di kafe adalah suasana hangat saat bercengkerama, ngobrol, bersosialisasi dalam lingkaran kecil pertemanan mereka. Keintiman percakapan ditemani segelas es kopi susu, itu yang mahal harganya!

Ada dua area yang bisa Anda pilih di Dapoer Fezdaf Cafe: indoor atau outdoor. Di area indoor atau beratap, pencahayaan (lighting) terasa lebih terang. Sejumlah pernakpernik berhasil membuat suasana menjadi lebih hidup. Cocoklah untuk mengambil satu-dua foto sebagai materi snapgram (fitur di media sosial Instagram) Anda.

Sementara itu pada area outdoor, dengan suasana yang lebih remang-remang saat malam hari juga tidak kalah serunya. Pada sudut yang lain, terdapat panggung (stage) untuk penampilan musik akustik. Setiap Rabu, Jumat, dan Sabtu malam pengunjung akan dihibur dengan pilihan playlist yang easy listening.

Walhasil suasana hangout pun makin menyenangkan apalagi ketika sing-along menyanyikan lagu hits bersama teman-teman semeja. Urusan makanan, Goronggorong punya banyak pilihan menu. Pampi Goreng atau Rebus tentu menarik dicoba terutama bagi travelers yang penasaran dengan jenis kwetiaw dari Belitung ini.

Jika ingin makanan berkuah, Sop Kerang tak boleh Anda lewatkan. Menu yang satu ini tak mudah Anda temui di tempat lain. Olahan mie dan bihun juga tersedia di buku menu pesanan, melengkapi menu mainstream macam Ayam Goreng/ Bakar serta olahan Nasi Goreng. Jika tak ingin ‘makan berat’, sejumlah cemilan juga tersedia di deretan menu. Pempek, model, dan tekwan ada di antaranya.

Selain itu ada juga roti bakar, pisang bakar, kentang goreng, serta menggale goreng (ubi singkong, bahasa Belitung). Sementara itu pada menu minuman, pilihan Fresh Ice Gorong tampak menarik untuk dicoba. Di antaranya ada Fruit Fun, Fantastic Strawberry, serta Sweet and Blue.

Saat siang hari, Es Kacang Merah atau Es Ketan Hitam rasanya juga sulit untuk dikesampingkan. Tidak lupa, ada beberapa minuman kombinasi unik seperti Kopi Cincau, Susu Jeruk, dan Es Cincau Jeruk. Sebagai konsekuensi dari segmentasi anak muda yang dipilih, harga makanan dan minuman di Gorong-gorong relatif terjangkau oleh kantong.

Minuman dijual mulai harga 5 ribu rupiah, sementara untuk makanan mulai dari harga belasan ribu rupiah. Walau harganya kaki lima, tak perlu diragukan soal rasanya. Dapoer Fezdaf Cafe atau Gorong-gorong buka setiap hari kecuali Senin, mulai dari pukul 08.30 pagi hingga pukul 11 malam. Suasana kafe yang cozy dan penuh simplicity membuatnya layak diburu sebagai tempat hangout yang seru. (BBR )


Penulis : Ichsan 
Editor   : Sanjay
Sumber :Babelreview