Harga Daging Ayam Melesat Naik, Dinas Pangan akan Gelar Pasar Murah

kasmirudin
Harga Daging Ayam Melesat Naik, Dinas Pangan akan Gelar Pasar Murah
Harga ayam potong di Pasar Modern Koba, mengalami kenaikan drastic menjelang bulan puasa, Rabu (24/4/2019). (Foto: Faisal)

KOBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Beberapa bahan kebutuhan pokok di pasar Koba, Bangka Tengah, mengalami kenaikan menjelang Ramadhan, salah satunya daging ayam mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Pantauan Babel Review di Pasar Modern Koba, harga daging ayam mencapai Rp 40 Ribu/kg dari sebelumnya Rp 30 ribu/kg.

Suhaimi, salah satu pedagang ayam di Pasar Modern Koba menuturkan harga ayam naik sejak tanggal 19 April lalu bertepatan dengan hari perayaan Ruah.

“Seminggu yang lalu sudah ada kenaikan harga, namun puncaknya saat hari perayaan Ruah yakni mencapai Rp 50 Ribu/kg. Namun sekarang sudah turun Rp10 ribu , namun tetap saja naik dari harga normal," jelasnya.

Menurut pedagang, menjelang bulan Ramadhan memang sering terjadi kenaikan, ditambah stok ayam dari distributor yang berkurang. Sehingga berdampak dengan naiknya harga ayam.

“Untuk sekarang saya belum bisa mengambil banyak stok ayam, biasanya 300 ekor sekarang cuma bisa 100 ekor saja,” ujar Suhaimi.

Sajidin

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Sajidin menjelaskan kalau menjelang Ramadhan sering terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar. Untuk itu pihaknya akan terjun ke pasar memonitoring harga.

“Memang ada kenaikan beberapa kebutuhan pokok seperti daging ayam dan beberapa jenis bumbu, kenaikan bermula sejak ruahan kemarin. Selain karena memang sudah hukum pasar, disebabkan juga mata rantai dari petani/peternak ke pedagangan pasar yang terlalu panjang," tuturnya

Sajidin mengatakan, Dinas Pangan sedang mewacanakan untuk mencari solusi memutus mata rantai yang terlalu panjang yang menyebabkan harga melonjak naik sampai di pengecer.

"Panjangnya mata rantai mencakup petani-tengkulak-distributor-pengecer perlu kita putuskan, agar harga tidak terlalu tinggi. Kita tetap siaga untuk melakukan monitoring sebelum bulan puasa, untuk mengecek harga dan ketersedian pangan, dan kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Pangan provinsi untuk menggelar pasar murah awal bulan Ramadhan nanti,” tandasnya. (BBR)


Penulis  :  Faisal 
Editor    :  Kasmir
Sumber  : Babel Review