Hari Ini Belum Bisa Tes Swab Masal, Jawaban Dinkes Babel: Masih Ada Alat Yang Belum Sampai

Ahada
Hari Ini Belum Bisa Tes Swab Masal, Jawaban Dinkes Babel: Masih Ada Alat Yang Belum Sampai
Klinik Kesehatan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus dirampungkan, Senin (20/4/2020). (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Hari Senin (20/4/2020) yang dijadwalkan menjadi hari pertama dimulai tes swab masal di Bangka Belitung, terpaksa ditunda.

Pasalnya masih ada beberapa peralatan yang belum sampai atau masih di perjalanan menuju Pangkalpinang Bangka Belitung. Namun hingga Senin (20/4/2020) ini,  Klinik Kesehatan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus dirampungkan.

Para pekerja tampak terus berupaya menyelesaikan instalisasi peralatan Polymerase Chain Reaction (PCR) yang akan digunakan untuk memeriksa specimen Swab. 

Upaya yang dilakukan Pemprov Babel ini, tujuannya agar bisa melakukan pemeriksaan Swab secara mandiri bekerja sama dengan Nasional Hospital Surabaya ini.

Diharapkan dengan program ini akan  dapat mengetahui secara cepat hasil Swab PCR pasien yang diduga terindikasi Covid-19. 

"Kami bersama tim dari Nasional Hospital Surabaya terus merampungkan instalisasi peralatan PCR-nya. Tetapi hari ini belum bisa dilakukan pemeriksaan Swab, karena masih ada beberapa peralatan yang belum sampai atau masih di perjalanan," kata Kepala Dinkes Babel, dr Mulyono Susanto, dalam rilis Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kepulauan Babel, Senin (20/4/2020).

Kadinkes Babel Mulyono meninjau langsung kesiapan Klinik Kesehatan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (20/4/2020).

Mulyono mengaku pihaknya belum bisa memastikan, kapan pemeriksaan Swab PCR mandiri ini mulai bisa dilaksanakan di Klinik Pratama. 

"Mudah-mudahan bisa secepatnya, setelah semua rampung diinstalisasi," jelas Mulyono. 

Kalau untuk tenaga medisnya, diakui Mulyono sudah siap.

"Sekarang ini juga masih terus melakukan pelatihan secara langsung dilatih pihak Nasional Hospital Surabaya," paparnya.

Diketahui, peralatan PCR yang ditempatkan di Klinik Pratama Dinkes Babel dikirimkan secara bertahap sejak dua minggu lalu, pengadaan fasilitas kesehatan ini dilakukan Pemprov Babel agar dapat mengetahui secara cepat hasil Swab pasien terindikasi Covid-19. 

Peralatan PCR yang ada di Klinik Pratama ini berdasarkan klasifikasinya bisa melakukan pemeriksaan sebanyak 96 sampel selama 1,5 jam dan bisa memeriksa sebanyak 1.000 sampel perhari, dengan keakuratan hasil 99.90 persen. (*/BBR)