Hari Ini Wali Kota Pangkalpinang Resmikan Jembatan Gantung Air Kerabut

Kasmirudin
Hari Ini Wali Kota Pangkalpinang Resmikan Jembatan Gantung Air Kerabut
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil bersama anggota DPR RI Rudianto Tjen, saat memasuki tempat peresmian Jembatan Gantung Air Kerabut, Kamis (4/3/2021). (Foto: Gusti Randa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Kota Pangkalpinang hari ini meresmikan Jerambeh (jembatan) Gantung yang akan menjadi jembatan ikonik dan kebanggaan masyarakat Kota Pangkalpinang, Kamis (4/3/2021).

Pantauan Babel Review di lokasi, nampak hadir  anggota DPR RI Rudianto Tjen, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, Wakil Wali Kota, M. Sopian, dan Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan memasuki tempat peresmian jembatan.

Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala PU Kota Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar terkait laporan pelaksanaan pembangunan jembatan.

Suparlan mengatakan, desain Jembatan Air Kerabut atau Jerambeh Gantung mengadopsi struktur jembatan gantung buatan Belanda pada masa itu.

"Jembatan ini didesain menyerupai jembatan gantung sebelumnya yang dibangun Kolonial Belanda tahun 1938," ungkapnya.

Dibangunnya Jembatan Air Kerabut berfungsi sebagai penghubung dan mempercepat akses masyarakat Kota Pangkalpinang menuju Desa Balun Ijuk, Kabupaten Bangka.

“Jelas diuntungkan secara ekonomi dari sisi perdagangan dan juga memangkas jarak tempuh dari Pangkalpinang menuju Balun Ijuk atau ke kampus UBB," ujarnya.

Hadirnya Jerambeh Gantung ini, tentu akan meningkatkan sektor perekonomian masyarakat Kota Pangkalpinang.

Karena dapat mempermudah akses untuk pengangkutan dan perputaran barang dan jasa dari Kabupaten Bangka menuju Kota Pangkalpinang.

“Untuk hasil sentra pertanian dari Balun Ijuk, lebih mungkin bisa murah karena jarak tempuh lebih dekat," kata Suparlan. (BBR)


Penulis : Gusti Randa

Editor   : Kasmir