Hari Pertama Idul Fitri, 1.000 Keluarga Warga Binaan Berkunjung ke Rutan Muntok

kasmirudin
Hari Pertama Idul Fitri, 1.000 Keluarga Warga Binaan Berkunjung ke Rutan Muntok
Para keluarga warga binaan memadati Cabang Rutan Muntok, Bangka Barat, untuk menjenguk anggota keluarga yang menjadi tahanan, Rabu (5/6). (Foto: Buditio)

MUNTOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah menjadi saat yang istimewa bagi warga binaan Cabang Rutan Muntok, Bangka Barat. Pada hari yang istimewa ini, Rutan Cabang Muntok dipenuhi oleh keluarga yang akan menjenguk warga binaan.

Kepala Cabang Rutan Muntok, Asep Hoilid Abdulah A.Md.IP. S.H., M.H.menjelaskan kepada Babel Review, Rabu (5/6) bahwa pihaknya memberikan kemudahan bagi keluarga warga binaan yang akan menjenguk, baik itu narapidana ataupun tahanan.

"Selama dua hari pelaksanan Hari Raya Idul fitri 1440 H, ada kemudahan bagi para keluarga yang  akan menjenguk. Misalnya, bagi keluarga tahanan tidak diwajibkan membawa surat ijin berkunjung dari pihak yang menahan. Begitu juga dengan jadwal kunjungan yang biasanya dibagi menjadi 2 yakni hari Senin, Rabu dan Jumat bagi narapidana serta Selasa, Kamis, dan Sabtu bagi tahanan, kali ini tidak ada perbedaan," jelas Asep.

Dari pantauan, terlihat para penjenguk tampak ramai memenuhi Cabang Rutan Muntok, Bangka Barat.

Asep menambahkan, jika pada hari biasa hanya berkisar 20 sampai 30 orang penjenguk, pada hari pertama Idul Fitri ini tercatat 1.009 orang penjenguk yang datang dan tidak dibatasi jumlahnya.

"Untuk mengantisipasi banyaknya penjenguk, pihak Cabang Rutan Muntok juga menyiapkan aula gedung serba guna sebagai tempat untuk warga binaan dan keluarga saling bersilaturahmi," tutup Asep. (BBR)


Penulis  : Buditio    
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review