Harkonas ke-9, Disperindag Babel Gelar Sosialisasi Perlindungan Konsumen

Kasmirudin
Harkonas ke-9, Disperindag Babel Gelar Sosialisasi Perlindungan Konsumen
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel, Sunardi, saat membuka sosialisasi perlindungan konsumen melalui zoom meeting, Senin (19/4/2021) di Ruang Serba Guna Disperindag Provinsi Babel. (Foto: Mislam)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 2021, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar sosialisasi perlindungan konsumen melalui zoom meeting yang diikuti 100 peserta.

Sosialisasi Perlindungan Konsumen (PK) dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel, Sunardi, Senin (19/4/2021) di Ruang Serba Guna Disperindag Provinsi Babel.

Sunardi mengatakan, kegiatan sosialisasi perlindungan konsumen melalui zoom meeting merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Perlindungan Konsumen 2021, yang puncak peringatannya akan dilaksanakan pada 7 Juli 2021 mendatang.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan para peserta yang telah mengikuti kegiatan perlindungan konsumen melaui zoom meeting. Kita harapkan nantinya ada ada feedbacknya yaitu dalam rangka memberdayakan konsumen,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan momentum untuk penguatan kesadaran pentingnya arti perlindungan konsumen, yang merupakan persyaratan mutlak dalam mewujudkan perekonomian yang sehat melalui perlidungan konsumen dan pelaku usaha.

Oleh sebab itu dirinya berharap, melalui kegiatan sosialisasi ini nantinya para peserta dapat mengetahui dan memahami arti penting perlindungan konsumen.

“Berdasarkan indeks keberdayaan konsumen, presentasenya mencapai 43,43 persen. Artinya, para konsumen di Babel sudah bisa melaksanakan hak dan kewajibannya dalam memilih produk barang dan jasa,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian Disperindag Babel, Fadjri Djagahitam menjelaskan, sosialisasi pelindungan konsumen bertujuan untuk mengedukasi konsumen agar sadar dan paham akan perlindungan konsumen. Sehingga konsumen nantinya dapat melindungi diri, keluarga dan masyarakat sekitar, agar terhindar dari akses-akses negatif terhadap barang dan jasa yang beredar di pasar tidak sesuai dengan ketentuan.

Selain itu lanjutnya, kegiatan sosialisasi juga bertujuan untuk mengedukasi konsumen, agar sadar dan paham akan perlindungan konsumen. Sehingga dapat meningkatkan Indek Keberdayaan Konsumen Indonesia (IKK).

Oleh sebab itu, peserta yang menerima sosialisasi sebanyak 100 orang berasal dari pemerintah kabupaten dan kota yang terdiri dari ibu-ibu PKK, organisasi masyarakat, kepolisian, karang taruna, pelaku usaha dan dari unsur pendidikan yaitu dari mahasiswa yang diharapkan nantinya bisa memahami peraturan dan hak-hak konsumen.

“Untuk itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengundang beberapa narasumber berkompeten di bidangnya untuk memberikan pemahaman terkait PK,” katanya.

Narasumber tersebut kata Dia, dari Polda Babel, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang dan Kepala LPKSM Bangka yang dilakukan dengan tatap muka, namun tetap memperhatikan portokol kesehatan.

Sementara itu, Kasi Kelembagaan dan Pemberdayaan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Zurista menambahkan, kegiatan sosialisasi via zoom meeting ini masih dalam  rangkaian kegiatan memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) ke-9 di tahun 2021.

Menurutnya tema yang diangkat pada tahun ini berbeda dengan tahu yang lalu yaitu “Perlindungan Konsumen (PK) Menuju Indonesia Maju” dengan sub temanya itu mengangkat konsumen berdaya pulihkan ekonomi bangsa.

Sebelumnya Disperindag Babel Senin (12/4/2021) lalu juga telah menggelar acara talksow Harkonas ke-9, yang diselengarakan di Ruang Serba Guna Disperindag Babel dengan mengundang tiga narasumber yaitu Kasubdit 1 Indag Dit Reskrimsus Polda Babel AKBP Arif Kurniatan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Sunardi dan Ronny Adha Wicaksono, Koordinator Substansi Pemeriksaan Balai POM  Pangkalpinang. (BBR)


Penulis : Mislam (Disperindag Babel)

Editor   : kasmir