Heriyanto, Guru Berprestasi di Beltim Ini Ternyata Anak Seorang Penjahit, Berikut Ceritanya

Kasmirudin
Heriyanto, Guru Berprestasi di Beltim Ini Ternyata Anak Seorang Penjahit, Berikut Ceritanya
Heriyanto Helmi, S.H.I.

GANTUNG, BABELREVIEW.CO.ID -- Heriyanto Helmi, S.H.I. adalah guru SMP Negeri 4 Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sosok seorang guru berprestasi yang sudah mengabdi selama 11 tahun sebagai guru SMP di Kabupaten Belitung Timur.

Heri panggilan akrabnya lahir di Desa Seri Tanjung, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan. Mengawali pendidikan di kampung halamannya di SD Negeri 4 Seri Tanjung (1996-1999), Heriyanto kecil melanjutkan pendidikan di SMP Seri Tanjung (1996-1999). Kemudian ia melanjutkan di SMA Negeri 1 Tanjung Batu (1999-2002). Selanjutnya guru yang gemar menulis ini menuntut ilmu di Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang (2003-2007).

Tahun berikutnya ia melanjutkan ke Fakultas Tabiyah program study Akta IV UIN Raden Fatah Palembang (2008-2009).

Kendati pria kelahiran 31 Juli 1984 ini terlahir dari keluarga yang sederhana, anak pasangan Helmi dan Nursiah ini merupakan putra sulung dari 4 bersaudara. Ayahnya Helmi seorang tukang jahit kampung, namun tidak menyurutkan niat dan tekatnya untuk menjadi anak yang maju dan mandiri serta membanggakan kedua orang tuanya.

Bahkan semenjak duduk di bangku SMP ia dibekali oleh orang ayahnya motivasi dan sifat kemandirian. Jadi wajar setelah tamat kuliah, ia langsung menjadi guru honorer di SMP Seri Tanjung dan SMP Negeri 3 Tanjung Batu dari tahun 2007 sampai tahun 2010 yang dijalaninya dengan penuh semangat dan dedikasi yang tinggi yang justru menempahnya lebih mandiri.

Kariernya sebagai tenaga pendidik menjadi matang ketika lulus tes CPNS di Kabupaten Belitung Timur pada 2010 silam dan bertugas di SMP Negeri 3 Kelapa Kampit, Belitung Timur. Berbagai kegiatan dan organisasi ia ikuti mulai awal bertugas yaitu sebagai pengurus PGRI Kecamatan Kelapa Kampit dan pengurus Koperasi PGRI Tekad Makmur Kelapa Kampit. Sehingga tak aneh waktu itu Heriyanto Helmi cepat beradaptasi dan dikenal di kalangan guru-guru di Kecamatan Kelapa Kampit waktu itu. Bahkan Heriyanto ikut di setiap kegiatan kemasyarakatan di Desa Cendil tempatnya bertugas. Dengan sifat yang mudah bergaul tidak susah baginya untuk mengarungi kehidupan di tanah rantau.

 Pada tahun 2014 pria yang menjabat sebagai Wakil Kepala SMP Negeri 4 Gantung ini pindah tugas ke SMP Negeri 4 Gantung. Di sinilah bakat menulisnya mulai muncul, berbagai tulisannya berupa opini dan artikel dipublikasikan di media cetak dan media online di Bangka Belitung. Berbagai tulisan berupa penelitian tindakan kelas sudah dilakukan olehnya dan dipublikasikan di Jurnal LPMP Indonesia.

Beberapa karya buku telah diterbitkan seperti buku kumpulan (Kumcer) Masa Kecilku, Profesionalisme Guru dalam Perspektif Islam, Tips Lolos Seleksi Lomba Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional, Kumpulan Cerpen Mimpi si Anak Tukang Jahit.

  • Halaman
  • 1
  • 2