Hidupkan Kembali Sanggar Dinca Ria, Hengky Ingin Lestarikan Dambus Khas Desa Terak

kasmirudin
Hidupkan Kembali Sanggar Dinca Ria, Hengky Ingin Lestarikan Dambus Khas Desa Terak
Sanggar Seni Dambus Dinca Ria yang merupakan salah satu sanggar seni yang ada di Desa Terak. (Foto: Fierly)

TERAK, BABELREVIEW.CO.ID -- Kepala Desa Terak, Hengky, ingin menjadikan dambus sebagai ikon budaya dengan menghidupkan kembali sanggar Dambus Dinca Ria Desa Terak.

Pelestarian sanggar seni Dambus Dinca Ria tersebut, atas inisiatif Hengky saat ditunjuk sebagai kepala desa 3 bulan yang lalu, dengan tujuan sanggar seni ini menjadi wadah generasi muda dalam melestarikan budaya dan seni musik tradisional Desa Terak.

“Kelompok Dambus Desa Terak sebenarnya sudah lama berdiri, namun belum ada upaya pelestarian. Sehingga terkesan jalan di tempat. Oleh sebab itu dengan adanya program pelestarian ini, seni budaya asli Desa Terak tidak akan mati,” ujar Hengky kepada Babel Review, Selasa (27/3/2019).

Hengky mengatakan, tahun 2019 ini ia ingin mengalakkan lagi musik dambus khas Desa Terak melalui Sanggar Dinca Ria dengan memperdayakan masyarakat desa.

Baca Juga: Bangka City Hotel Hadirkan Promo di Momen Spesial Ceng Beng

“Kita fokus regenerasi mencari personil dengan memperdayakan warga Desa Terak. Nantinya kelompok dambus ini akan selalu kita libatkan dalam setiap kegiatan atau acara di desa-desa,” jelas Hengky.

Ia mengatakan, dengan selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan atau acara, bisa memberi dampak pemasukan PAD desa serta membantu perekonomian anggota kelompok Sanggar Dinca Ria.

“ Untuk itu saya berharap para generasi muda Desa Terak untuk semangat belajar kesenian musik dambus, agar ikon budaya khas Desa Terak tetap lestari,”pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal                                                                   
Editor    : Kasmir
Sumber  : Pemkab Bangka