Ikan Asin Gelamo Angew Banyak diminati

Admin
Ikan Asin Gelamo Angew Banyak diminati
Foto:Andre

BANGKA SELATAN, BABEL REVIEW--  Kabupaten Bangka Selatan dikenal sebagai penghasil ikan terbesar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain dipasarkan sebagai ikan segar, ikan yang dihasilkan oleh para nelayan memungkinkan pelaku usaha berinovasi membuat ikan asin atau ikan kering.

Salah seorang pengusaha industri pembuatan ikan asin yang ada di Bangka Selatan yakni Angew. Menurut dia bisnis ikan asin cukup menjanjikan, apalagi penjualannya di pasaran sangat stabil saat ini. “Bisa dibilang menjanjikan.

Bisnis ikan asin ini tidak akan putus karena merupakan salah satu makanan kegemaran masyarakat untuk dikonsumsi dan ada saja permintaan dari pasar,” katanya. Hanya saja kata Angew, usaha kecil ini sangat tergantung pada bahan baku yang kerap tidak lancar dikarenakan cuaca yang tidak mendukung bagi nelayan.

“Karena jika lagi terang bulan ataupun jika terjadi ombak tinggi para nelayan tidak akan melaut hingga cuaca membaik,” jelasnya. Dikatakanya, banyak ragam ikan yang bisa dijadikan ikan asin tetapi dari semua jenis ikan asin itu ikan asin gelamo yang masih unggul di pasaran dan paling  diminati konsumen.

Ikan asin gelamo dapat diperoleh  dengan hargai Rp 30 ribu per kilogram, sedangkan untuk pelanggan tetapnya biasanya dirinya menjual RP 25-28 ribu per kilogram. "Bahan baku ikan gelamo basah didapat dari beberapa nelayan Bangka Selatan. Kendala usaha ini tetap pada bahan baku yang sulit didapat.

Untuk itu seringkali ikan dari nelayan Bangka Barat yang kami beli untuk dibuat ikan asin," jelasnya. Selanjutnya Angew mengatakan, teknik yang ia pakai untuk membuat ikan asin adalah teknik biasa seperti pada umumnya. Dari satu kilogram ikan basah akan menjadi empat ons ikan asin. "Cara membuat ikan asin ini merupakan warisan dari orangtua.

Takarannya dari dulu tidak berubah. Tidak apa-apa untungnya sedikit asalkan kualitasnya tetap terjaga dan pembeli puas, " sambungnya. Terakhir ia mengatakan, saat ini pembeli ikan asin buatannya sudah cukup banyak.

Ada yang membeli untuk dikonsumsi sendiri, ada juga yang membeli untuk dijual lagi.  Cakupan pasar untuk ikan asin buatan Angew ini pun sudah cukup luas. “Pemasaran ikan asin kami masuk di pasar Bangka Tengah, Pangkalpinang bahkan luar daerah,” tukas Angew. (BBR)


Penulis : Andre
Editor   : Sanjay
Sumber :Babelreview