Ikatan Akuntan Indonesia Gelar Seminar Nasional Sustainability Report

kasmirudin
Ikatan Akuntan Indonesia Gelar Seminar Nasional Sustainability Report
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) wilayah Sumatra Selatan bersama IAI wilayah Bangka Belitung, menggelar Seminar Nasional Sustainability Report di Balroom Hotel Santika, Sabtu (16/11/2019). (Foto: Gusti)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) wilayah Sumatra Selatan bersama IAI wilayah Bangka Belitung, menggelar Seminar Nasional Sustainability Report (SR) dengan tema "Peluang dan Tantangan bagi Industri, Praktisi dan Akademisi", di Balroom Hotel Santika, Sabtu (16/11/2019).

Seminar Nasional tersebut bertujuan untuk memperkenalkan dan menambah pemahaman serta membuka wawasan mengenai stastainability report, dilihat dari sisi perusahaan dan perbankan sebagai praktisi, pemerintah sebagai penyusun regulasi serta akademisi.

Ketua IAI wilayah Sumatra Selatan, Inten Meutia menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk sosiasasi konsep sustainability. Artinya, keberlanjutan yang menjadi kata yang penting dalam kehidupan.

"Kalangan akuntan ini menjadi isu yang sangat penting baik di kalangan perusahaan dan pemerintah, itu tidak bisa lagi ditunda,” jelasnya.

Dikatakan Meutia, akuntan saat ini tidak bisa hanya sebatas laporan keuangan, tidak bisa lagi. Kehidupan bumi ini merupakan tanggung jawab akuntan juga, untuk menyajikan laporan berkelanjutan.

"Laporan berkelanjutan itu ada laporan yang dibuat oleh standar GRI. Kita harapkan para praktisi yang mempunyai sertifikasi untuk membuat laporan berkelanjutan terhadap keberlangsungan bumi ini,” katanya.

Meutia menambahkan, melalui seminar ini merupakan bentuk upaya IAI Sumsel dan IAI Babel ,untuk mendorong para akuntan untuk memahami konsep sustainability report.

"Ini peluang ke depan untuk profesi akuntan. Program kami ke depan bersama IAI Babel, mengajak para akuntan untuk memiliki sertifikasi, melalui pelatihan riview, kemudian sertifikatnya dikeluarkan langsung oleh ICS,” bebernya.

Adapun narasumber kegiatan Seminar Nasional Sustainability Report, di antaranya Gustaf Rajagukguk dari Otoritas Jasa Keuangan Indonesia, Rizkiasari Yudawinata selaku Head of Suistainable Finance of WWF-Indonesia, Ali Darwin selaku Cahirman & Executive Director of the National Center for Sustainability Practitioners, juga Eko Ganis Sukoharsono selaku CSR ICS, Septo Cholidie dari Investor Relation Manager PT. Bukit Asam dan perwakilan PT. Timah. (BBR)


Penulis  : Gusti                                             
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review