Indahnya Surga Bawah Laut Gusung Perlang

Kasmirudin
Indahnya Surga Bawah Laut Gusung Perlang
Wisata Gusung Perlang yang terletak di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar. (Foto: Robert Kiss)

KABUPATEN Bangka Tengah yang memiliki garis pesisir yang panjang terkenal dengan keindahan baharinya, salah satunya potensi wisata Gusung Perlang yang terletak di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar.

Gusung Perlang memiliki potensi keindahan bawah laut yang masih sangat alami, sehingga mampu memanjakan para pengunjung seperti terumbu karang yang masih alami dengan ikan karang seperti nemo yang dapat dijumpai dengan mudah oleh penyelam ataupun wisatawan yang hanya ingin bersnorkling di permukaan air.

Selain keindahan bawah laut, wisatawan juga dapat bersantai di atas gusung, yang merupakan daratan kecil bentangan pasir putih di tengah laut yang menjadi spot foto para instagramable.

Kepala Disbudparpora Bateng, Zainal mengatakan, destinasi Gusung Perlang cukup diminati para wisatawan. Rencananya ke depan sejumlah fasilitas penunjang akan dilengkapi guna kenyaman wisatawan.

“Sekarang kunjungan wisatawan lokal mulai meningkat, kebanyakan wistawan datang untuk bersantai di gusung bersama keluarga dan snorkeling. Ke depan kita akan menyediakan kapal angkut wisatawan yang diajukan ke pemerintah daerah bersinergi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Perlang dalam pengelolaannya," kata Zainal.

Untuk menuju ke Gusung Perlang sendiri tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup 30 menit dengan menggunakan perahu nelayan, wisatawan sudah tiba ke Gusung Perlang

Jika beruntung, pengunjung juga dapat melihat kawanan ikan Lumba-lumba yang berenang bersama lajunya perahu nelayan. Tentunya hal ini menambah keasikan wisatawan dalam menikmati perjalanan.

Bagi wisatawan yang takut menggunakan transportasi air, maka wisatawan dapat menikmati keindahan pesisir pantai Desa Perlang, yang banyak terdapat barisan pohon cemar dengan dasar pasir putih yang dapat dijadikan tempat bermain keluarga. (BBR)


Penulis : Faisal

Editor   : Kasmir