Indonesia "Diserbu" Pengedar Narkoba, Masyarakat Diminta Jangan Takut Lapor ke BNN

Admin
Indonesia
Ilustrasi foto : Net/IST


BANGKA,  BABELREVIEW -- Direktur Reserse Narkoba Polda Babel Kombes Pol Suhirman SIK MSi  mengingatkan begitu  pentingnya  peran masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya  narkoba. 


Pernyataan ini disampaikan Suhirman di Ruang Vikon Fakultas Hukum UBB, Kampus Terpadu UBB,  Balunijuk, Selasa (03/04/2018). 
Suhirman tampil sebagai salah satu dari tiga  pembicara utama dalam kuliah umum bertajuk  ‘Meningkatkan Kesadaran Hukum  dalam Berbangsa, Bernegara dan Bermasyarakat Demi Tercapainya Kehamonisan’. 


Suhirman yang tampil  santai dan  penuh ‘guyonan’, membedah  tajuk  ‘Pemberantasan dan Tindakan Hukum terhadap Penyalahgunaan Narkoba’ ini memaparkan bahwa informasi dari masyarakat sangat diperlukan. Lembaga terkait,  seperti BNN akan maksimal berperan bila banyak informasi dari warga masyarakat. 


"Tak usah khawatir,   kerahasiaan  pemberi informasi dan keamanannya   dilindungi aparat  penegak hukum,” ujar alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1981 ini. 
Narkoba masuk  ke Bangka Belitung menurut Suhirman melalui jalur laut, darat dan udara.  Pihaknya tak pernah putus berkoordinasi dengan Polda Sumsel dan Tanjungpinang.  Sebab dua wilayah ini diketahui sebagai  salah satu pintu masuk narkoba ke Babel. 


“Bulan lalu kami berhasil menangkap dua pelaku di Bangka Selatan. Malah malam tadi (Senin malam,red)  kami melakukan penangkapan.  Pelakunya kabur, tapi barang bukti berhasil kami amankan,” ujar Suhirman. 


Peredaran dan penyalahgunaan narkoba  lanjutnya sudah menjadi kejahatan trans nasional (Trans National Crime).   Barang haram itu tidak hanya  datang dari pengedar yang berada  di negara tetangga,  bahkan telah dipasok dari Asia Timur dan Afrika. 


“Indonesia sudah berada dalam darurat narkoba. Indonesia ‘diserbu’ pengedar narkoba dari  berbagai negara.  Untuk mencegah dan menanggulanginya,  lembaga penegak hukum tidak bisa bekerja sendiri.  Masyarakat harus ikut berperan,” tukas Suhirman. (Kusuma) 


Penulis :Kusuma
Editor   :Kusuma
Sumber :Babelreview